Peduli Lingkungan Hidup Adipura ke-4 Buat Kabupaten Siak

JAKARTA | Bongkarnews.com – Pemerintah pusat melalui kementrian lingkungan hidup dan kehutanan (KLHK) Memberikan penghargaan anugerah Aadipura Nirwasita Tantra periode tahun 2017-2018.

Penghargaan ini diberikan kepada 3 Gubernur, 6 Walikota ,dan 6 Bupati. Penghargaan ini di serahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Yusuf Kalla di auditorium Dr.Soejarwo, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Untuk kabupaten SIAK sendiri menerima Anugerah Adipura kategori kota kecil. yang di terima lansung oleh Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi.

Anugrah Adipura Nirwasita Tantra di berikan kepada kepala daerah tingkat Provinsi, Kota, kabupaten yang dinilai berhasil dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan program kerja session dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan juga memberikan Penghargaan Green Leadership kepada Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tingkat provinsi dan kabupaten kota.

Penghargaan Green Leadership ini di berikan kepada tiga DPRD Provinsi Dan 10 DPRD kabupaten/kota yang di nilai memiliki komitmen pada aspek–aspek kunci lingkungan hidup daerah, antara lain penyusunan peraturan daerah masyarakat adat, pengelolaan sampah dan tanah objek reforma agraria (TORA), respon DPRD terkait tugas pengawasan anggaran dan dukungan politik, dalam menyelesaikan persoalan lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya alam,serta inovasi politik DPRD sesuai kewenangan dalam urusan bidang lingkungan hidup.

Salah satu kriteria penilaian dalam penghargaan Adipura adalah dalam hal implementasi atas amanat UU Nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, upaya dan hasil dalam menuhi target nasional pengelolaan sampah, yaitu pengurangan sampah, penanganan sampah pada 2025 serta upaya mendorong penerapan sistem pengelolaan sampah secara terpadu.

Kabupaten Siak telah meraih Piala Adipura sebanyak 4 kali berturut-turut, yaitu pada tahun 2014, 2016 2017 2018 dengan Kategori yang diperoleh Kota Kecil Terbersih. (Hms/Abb)

EPAPER BONGKARNEWS

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas