Medan Zoo Butuh Suntikan Dana

Medan,BN- Direktur PD Pembangunan Kota Medan, Putrama Alkhairi, mengungkapkan Kebun Binatang Medan (KBM) atau Medan Zoo membutuhkan dana sekitar Rp10 miliar untuk bisa dijadikan seperti Ragunan atau Kebun Binatang Surabaya. Apalagi, saat ini kondisinya sangat memprihatinkan.

Ungkapan itu disampaikan, Putrama Alkhairi, kepada Komisi C DPRD Kota Medan saat berkunjungan ke Medan Zoo, Senin (12/3/2018) yang dipimpin Ketua Komisi, Hendra DS, bersama anggota, diantaranya Kuat Surbakti, Zulkifli Lubis dan Beston Sinaga.

Bacaan Lainnya

Dengan bantuan tersebut, kata Putrama, pihaknya telah menyiapkan konsep terhadap taman marga satwa/kebun binatang (Medan Zoo) sebagai kawasan terpadu.

Artinya, sebut Putrama, melalui pembangunan kawasan terpadu di areal kebun binatang tersebut, masyarakat yang berkunjung tidak hanya ditawarkan lokasi hiburan, namun juga tempat bersantai sekaligus melihat beraneka ragam hewan atau binatang di dalam areal seluas 30 hektar tersebut.

“Dengan kontur lahan yang kami miliki ini, diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi pihak ketiga untuk terlibat dalam mewujudkan lokasi ideal dari kawasan terpadu itu,” katanya.

Menyahuti itu, Hendra DS, mendukung Pemko Medan untuk melakukan penyertaan modal ke PD Pembangunan khususnya dalam upaya menjadikan Medan Zoo sebagai objek wisata di Medan. “Prinsipnya, kita akan mendorong Pemko Medan untuk melakukan penyertaan modal ke PD Pembangunan ini,” katanya.

Hendra juga mendorong PD Pembangunan untuk melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Medan melalui kerjasama wisata edukasi. “Sehingga pihak sekolah dan Dinas Pendidikan dapat mendukung sosialisasi sekaligus menambah pengetahuan bagi pihak sekolah,” katanya.(ft)

Pos terkait