Masyarakat Trieng Pantang Adakan Kanduri Tahunan

Aceh Utara | BN – Masyarakat Desa Trieng Pantang,Kecamatan Lhoksukon,Kabupaten Aceh Utara mengadakan acara kanduri tahunan (2/10/2018).

“Kanduri tahunan tersebut yang diadakan oleh masyarakat Trieng Pantang dimana masyarakat sudah mau mulai lagi bercocok tanam atau turun kesawah,adat istiadat atau kebiasaan ini selalu dilaksanaka oleh masyarakat desa tersebut.” Jelas Hasanuddin,S.Hi selaku kepala desa Trieng Pantang.

Lanjutnya, sebelum acara atau harinya tiba masyarakat terlebih dahulu melaksanakan pengajian selama tiga malam berupa baca surat Yasiin,tahlil dan takziah,serta memanjat doa kepada Allah SWT atas rezeki yang telah diberikannya dan memohon doa agar jauh dari marabahaya dan acara kanduri itu berlangsung di kebun Trien Pantang ( Bambu Pantang). Sebut Hasan.

Hasanuddin menceritakan tentang asal muasal desanya pada media ini,Pantang sudah lama hidup, Pantang tumbuh sebelum tahun 1607 masehi dan pantang merupakan tempat persinggahan Sultan Iskandar Muda dan para pengikutnya dimasa itu. Bambu Pantang sampai saat ini sudah banyak tumbuh dan dipelihara dengan baik oleh masyarakat Trieng Pantang.

Tambah Hasan, selama ini tempat tersebut sering digunakan oleh masyarakat untuk acara kanduri misalnya seperti hari ini kanduri turun sawah dan bukan itu aja ada juga orang dari luar Trieng Pantang yang datang ketempat itu untuk melepas nazarnya.Pungkasnya.( Sayed / Jamal ).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *