Masyarakat Minta Onar Dimekarkan Jadi Distrik

BINTUNI | Bongkarnews.com – Merasa pelayanan Dari Pemerintahan Distrik kurang maksimal karena jangkauan dari kota Distrik yang jauh, masyarakat Kampung Onar lama dan baru minta Bupati memekarkan Onar menjadi sebuah Distrik agar proses pelayanan ke masyarakat lebih terjangkau dengan baik.

Hal ini dikatakan masyarakat kepada Bupati saat tim dari Kementerian Perindustrian dan PT Kaltim Panah Industri(KPI) meninjau lokasi akan dibangunya pabrik pupuk kimia di kawasan industry Onar, Selasa,17/7.

Menangapi permintaan masyarakat Onar, Bupati Teluk Bintuni, Ir Petrus Kasihiw MT menjelaskan, memang perlu ada pos persiapan Distrik disini (Onar), tapi itu harus di proses sesuai dengan aturan yang ada.Dimana,untuk memekarkan sebuah wilayah jadi Distrik minimal ada empat kampung/desa.

“Makanya Salaweri harus dipersiapkan jadi kampung persiapan. Demi masyarakat terlayani, kedepan saya akan mengambil kebijakan untuk membuat pos persiapan disini.Karena jangkauan dari distrik Tufoi dan Sumuri ke Onar agak jauh.” kata Bupati

Lebih lanjut Dikatakan Bupati, jumlah penduduk di Onar sudah banyak, wilayahnya luas. Untuk memekarkan Kampung atau Distrik memang ada aturanya. Namun, aspirasi masyarakat ini sudah pernah disuarakan oleh LMA.

Ditambahkan Bupati, memang masyarakat juga agak kecewa dan ingin pindah ke Kabupaten FakFak. Tapi apakah dengan pindah ke FakFak, masyarakat bisa terurusi?, saya pikir belum tentu juga”ujar Bupati(Hum)

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas