MasaDepant Fisip USU Kunjungi RPP KPU Medan

Medan IBongkarnews.com – Sebanyak 30 orang Mahasiswa Departemen Antropologi (MasaDepant) Fisip USU melakukan kunjungan audiensi ke Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Medan.

Mereka diterima oleh Komisioner KPU Medan Divisi SDM dan Parmas,Drs Edy Suhartono serta Plh. Kasubbag Teknis Hupmas, Sondang Sherly dan beberapa orang staf sekretariat seperti Aci, Rasid dan Prima.

Bacaan Lainnya

Dalam paparannya di hadapan MasaDepant Fisip USU , Edy menyampaikan penjelasan tentang keberadaan RPP KPU Kota Medan.

” RPP KPU Kota Medan sudah eksis sejak tahun 2015, ketika pertama kali menjadi Pilot Project KPU RI karena rendahnya tingkat partisipasi pemilih di Kota Medan pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Medan tahun 2015″, ujar Edy kepada MasaDepant Fisip USU, Kamis (31/10) di KPU Medan.

Dimana, lanjutnya pada mulanya konsep Rumah Pintar Pemilu adalah menitikberatkan pada pemanfaatan ruang yang ada dalam satu bangunan.

Disebutkan di KPU Kota Medan, RPP di pusatkan di lantai 2 bangunan ini.

Lebih jauh lagi disampaikan idealnya di dalam RPP terdapat 4 ruang yakni ruang untuk audio visual, ruang diskusi, ruang simulasi dan ruangan pameran display alat peraga.

” Namun karena keterbatasan ruang, maka RPP KPU Medan dipusatkan dalam satu ruangan yang bersifat multifungsi”, ungkapnya.

Sementara itu salah satu tujuan dari RPP KPU Medan adalah melakukan pendidikan pemilih kepada warga dan mendorong peningkatan partisipasi pemilih.

Kunjungan diwarnai dengan dialog interaktif dan beberapa pertanyaan dari mahasisswa seputar RPP, Pemilu dan Demokrasi dan kuis.

Kegiatan ini diakhiri dengan acara foto bersama serta penyerahan sertifikat kepada mahasiswa yang telah melakukan kunjungan.

Sebelumnya Ketua MasaDepant Fisip USU ,Reza Fahlevi Nasution mengaku sangat mengapresiasi kegiatan RPP KPU Medan sehingga mereka faham tentang tata cara pelaksanaan pemungutan suara.

” Kegiatan RPP KPU Medan hendaknya menjadi ujung tombak peningkatan jumlah pemilih dengan cara memberikan sosialisasi kepada masyarakat”, ujar Reza mengakhiri. (ndo)

Pos terkait