Mahasiswa IAIN Lhokseumawe Dibekali Cara Tangkas HSE

LHOKSEUMAWE | bongkarnews.com – Mahasiswa Institute Agama Islam Negeri Lhokseumawe mengikuti pembekalan (Healt, Safety and Environment) HSE Goes to Kampus atau (Keselamatan Kecelakaan Kerja) K3. Kegiatan pembekalan Ini dibuka oleh Wakil Rektor (Warek I) Dr. Zulfikar Ali Buto di Ruang Aula kampus fakultas setempat. Rabu (05/02/20).

Pembekalan Kegiatan HSE Goes to Kampus ini dikampanyekan oleh Persero Pupuk Iskandar Muda ( PT PIM), dikuti oleh mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN. Turut hadir Warek I Warek III Dr M. Nazar, Dekan Fakultas Tarbiyah Said Alwi. Dan acara ini di warnai sesi tanya jawab dengan mahasiswa yang dirangkai pembagian hadiah.

Bacaan Lainnya

“Kegiantan ini merupakan program agenda bulan K3 Nasional tahun 2020 yang telah dicantumkan oleh pemerintah lewat Kementrian Ketenagakerjaan. Dimana sebagai perusahan ikut mengkampanyekan hari Bulan K3 Nasional setiap tahun, terus dikampanyekan terhitung 12 Januari hingga 12 Februari,”ujar Plt Superintendent K3LH Usman Abukakar Ishak yang juga selaku pengisi materi.

Sambungnya, kegiatan ini diisi dua materi, yakni penanggulangan kebakaran dan kecelakaan, dengan adanya kegiatan ini bertujuan agar penanggulangan bencana kebakaran dan kecelakaan mampu tertanggulangi dengan metode bisa membudayakan K3 di masyarakat khususnya di lingkungan Civitas Akademika.

Karena di sini juga mengajarkan supaya mereka lebih peduli jika ada keadaan kebakaran di manapun untuk lebih sigap, maka mahasiswa harus memahami bagaimana cara dalam melakukan tindakan sewaktu terjadi kecelakan, karena kecelakaan itu bisa dirumah maupun di jalan raya.

“Dengan adanya kegiatan ini kita harapkan kepada para mahasiswa lebih memahami cara bagaimana harus mereka perbuat ketika sewaktu itu semua terjadi,”terangnya.

Sararan kegiatan ini sesuai dengan tema “Bulan K3 Nasional” yang telah dicantumkan oleh pemerintah, bahkan kegiatan ini bisa dikampanyekan kepada seluruh lapisan masyarakat,” agar masyarakat khususnya dari Civitas Academica bisa membudayakan K3 ini dimanapun berada.”tutupnya.

Sementara Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Lhokseumawe, Dr Said Alwi mengatakan, acara ini merupakan tindak lanjut dari arahan Rektor IAIN untuk mengembangkan kerjasama lebih luas dengan berbagai instansi-intansi terkait, bahkan dengan PIM juga telah menjajaki kerja sama dalam bidang pendidikan dan hal-hal lain.

Dimana hari ini juga bagian, pihaknya telah menjajaki kerja sama dengan PT PIM. Termasuk kegiatan ini dengan para mahasiswa Tarbiyah, tentunya kedepan kita juga bekerjasama untuk menempatkan mahasiswa-mahasiswa PPL (Program Pengalaman Lapangan) Atau Magang di perusahaan tersebut sesuai dengan jurusan di Fakultas Tarbiyah,

”Seperti jurusan manajeman IAIN ditempatkan di bidang-bidang manajemen yang ada di perusahan PT PIM. Bahkan kerja sama ini dapat dimanfaatkan Jurusan-jurusan umumnya yang ada di IAIN,”kata Said Alwi.

Dengan adanya Penyampaian teori kepada mahasiswa tentang pembekalan K3 ini, pastinya mereka telah memiliki pengetahuan, bagaimana cara mensiasati, meminimalisir atau menanggulangi terhadap resiko terjadinya kecelakaan.

“Pengetahuan ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa untuk menerapkannya dirumah, bagaiaman cara menanggulangi secara manual terdahulu, sebelum tiba bantuan dari pemadam atau pihak lainnya.”terang Said.

Lebih rinci Said menambahkan, karena di sini mahasiswa tidak saja diberikan tentang pengetahuan agama khusus atau sesuai jurusan meraka saja, tapi mereka juga diberikan pengetahuan-pengetahuan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan mereka sehari- hari.” imbuhnya.(Saqil)

Pos terkait