Lantik Direktur PD Bina Usaha, Ini Pesan Bupati Aceh Utara

Aceh Utara | Bongkarnews.com -Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib mengharapkan manajemen PD Bina Usaha agar proaktif menjajaki berbagai objek bisnis untuk dijadikan ladang usaha yang dapat menghasilkan profit.
Aceh Utara, menurut Bupati H Muhammad Thaib, memiliki sangat banyak potensi yang dapat dijadikan objek bisnis yang menguntungkan, bukan hanya dari sudut pandang perusahaan tapi juga bagi pengembangan ekonomi masyarakat.

Demikian antara lain dikatakan Bupati H Muhammad Thaib dalam arahannya usai melantik T Asmoni, SE, sebagai Direktur Utama PD Bina Usaha Kabupaten Aceh Utara periode 2018 – 2022, berlangsung di aula Kantor Bupati, Selasa (10/7).

“Dirut yang baru jangan lagi terlalu berharap dana subsidi pemerintah, tapi coba cari peluang dan cari objek bisnis yang terbuka sangat luas potensinya di daerah kita,” kata Cek Mad, sapaan akrab Bupati Aceh Utara.

Dia mencontohkan, di bidang pertanian selama ini petani Aceh Utara menjual ke Medan berton-ton gabah setiap usai panen. Bayangkan saja saat ini potensi panen gabah Aceh Utara rata-rata 6,4 ton per hektar, dikalikan dengan luas areal sawah produktif, maka potensi profit dalam bisnis gabah ini sangat besar yang mengalir ke pelaku bisnis di Medan.

“Saya sangat berharap agar PD Bina Usaha bisa masuk ke bisnis ini, dengan keuntungan Rp 500 saja per kilogramnya, maka potensi profit di sini bisa mencapai trilyunan rupiah per tahun,” kata Cek Mad.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya siap memberikan subsidi yang sifatnya subsidi akhir, bukan subsidi awal. Maksudnya, subsidi pada rantai akhir rangkaian bisnis yang manfaatnya juga bisa dinikmati langsung oleh masyarakat. Misalnya, dengan cara membeli harga gabah petani sedikit lebih tinggi daripada dibeli oleh pihak lain. Nah, di sinilah akan diusahakan subsidi oleh pemerintah.

Pada kesempatan itu, Cek Mad juga memaparkan objek bisnis kuliner yang sangat berpotensi dikembangkan oleh PD Bina Usaha. Misalnya, bisnis kuliner terpadu menyediakan ragam makanan dan minuman, yang tentu saja menguntungkan dari sisi bisnis.
Pelantikan T Asmoni, SE, menjadi Dirut PD Bina Usaha turut dihadiri seluruh jajaran Forkopimda Aceh Utara, Asisten I Sekdakab Dayan Albar MAP, Kadis Penanaman Modal Marzuki, SH, para pimpinan perbankan, pimpinan BUMN, para Kepala SKPK, dan pimpinan asosiasi pengusaha.

Usai pelantikan menjadi Dirut PD Bina Usaha, di tempat yang sama T Asmoni langsung melakukan penandatangan MoU dengan manajemen PT Pelindo I dalam rangka kerjasama pengelolaan tangki CPO dan pengembangan Pelabuhan Umum Krueng Geukueh.(rell)