Lamseng Saragih Putra Dairi Yang Peduli Lingkungan

SIDIKALANG | bongkarnews.com – Rasa kecintaannya terhadap tanah kelahirannya serta kepedulian pada lingkungan alam, putra asli Dairi bernama Lamseng Saragih berniat merubah gunungan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Sidiangkat, Kecamatan Sidikalang maupun sampah rumah tangga menjadi sumber uang bagi masyarakat dan juga pemerintah.

Bacaan Lainnya

“sampah adalah harta karun yang tidak akan pernah habis selama manusia masih hidup,” Sebut Lamseng, yang juga merupakan PNS di Pemkab Banyuwangi.

Sampah sampah ini jika dikelola dengan benar, akan banyak menghasilkan uang dan yang penting kerusakan lingkungan terhadap polusi akan teratasi, ucap Lamseng, di TPA Sidiangkat, Sidikalang, Dairi pada Rabu (01/08/18).

Lamseng juga berniat akan menjadikan Kabupaten Dairi sebagai daerah percontohan pengelolaan sampah ideal di Indonesia. Hal ini tentu memerlukan persetujuan dari pemerintah kabupaten Dairi.

Sebab sepengetahuannya, selama ini pengelolaan sampah di Kabupaten Dairi hanya memindahkan masalah dari rumah tangga masyarakat ke TPA di Sidiangkat. Bila terus dibiarkan, maka sewaktu-waktu akan menimbulkan masalah baru.

“Saya siap sampaikan konsep saya dihadapan bupati. Konsep pengelolaan sampah yang menawarkan uang. Rakyat juga kita ajak untuk berpartisipasi aktif mengelola sampah,” sebutnya.

Ia menjelaskan sampah yang dikelola dengan benar dapat berubah menjadi benda berkualitas ekspor bila masyarakat mendapat keterampilan. Sampah juga bisa dijadikan pupuk organik, bahkan gunungan sampah di TPA bisa menghasilkan gas.

“Sampah juga bisa kita jadikan kerajinan plastik, aspal batako, genteng, semua tergantung kita. Teknologi yang dipakai pun murah meriah,” pungkasnya. (bd.007)

Pos terkait