KPU Medan Sosialisasi Pemilu 2019 di Daerah Partisipasi Terendah di Kota Medan

MEDAN I Bongkarnews.com – KPU Kota Medan kembali melaksanakan sosialisasi Pemilu 2019 kepada warga masyarakat di daerah partisipasi terendah di Kota Medan pada saat Pilgub 2018 yang lalu.

Kegiatan ini dilaksanakankan di kelurahan Aur TPS 9, kecamatan Medan Maimon yang dihadiri lurah kelurahan Aur, Ketua PPK Medan Maimon dan PPS kelurahan Aur.

Bacaan Lainnya

Sementara peserta sosialisasi adalah warga masyarakat yang tidak menggunakan hak pilih, pada pilgub yang lalu.

Materi yang disampaikan terkait dengan masalah Pemilu 2019 dan pentingnya meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya di daerah partisipasi rendah.

“Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menggugah kesadaran warga khususnya di kelurahan aur, tps 9 ini, pentingnya menjalankan hak pilih, karena satu org, satu suara, satu nilai ” ujar Edy Suhartono, Kordiv. SDM dan Parmas, KPU kota Medan.

Salah seorang petugas PPS mengungkapkan kendala yang dihadapi saat pilkada yang lalu seputar warga yang tidak bisa ditemukan lagi pada saat pendataan maupun saat dibagikan undangan c6.

” Hampir 50 persen warga di Mangkubumi tidak bisa dijumpai pada saat dibagikan c6 pada pilgub yang lalu”. demikian pengakuan Beny Simaremare, PPS kelurahan Aur.
Pengakuan ini dibenarkan oleh Henryanto, Ketua PPK Medan Maimon.

Disebutkan ada juga warga yang belum memilki KTP El, seperti yang disampaikan oleh ibu Holmade br Simbolon.

“KTP dirinya masih KTP yang lama dan apakah bisa diurus agar KTP el saya segera keluar”. demikian pertanyaannya.

Dalam kegiatan terlihat peserta cukup aktif bertanya menandakan mereka sangat antusias , apalagi pemilu 2019 ini berbeda dengan pemilu sebelumnya, dimana jumlah surat suara ada 5 ,yakni untuk presiden dan wakil presiden,DPR RI, DPRD Propinsi, DPRD kab/kota dan DPD dengan warna yang berbeda satu sama lain.

” Melalui kegiatan sosialisasi yang menyasar pada daerah partisipasi rendah ini diharapkan akan mendorong lahirnya forum warga sadar demokrasi yang pada gilirannya akan melahirkan komunitas dan lingkungan serta keluarga sadar pemilu”, penjelasan Edy Suhartono (foto) saat dihubungi melalui telepon seluler, Selasa (11/12).(ndo)

Pos terkait