Koramil 13 Baktiya Bangun Puluhan Jamban Untuk Masyarakat

Aceh Utara | BN – Komando Rayon Militer (Koramil)13 Kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara Dalam rangka meningkatkan hidup sehat dilingkungan masyarakat serta membudidayakan membuang air besar pada tempatnya,Dimana Pihaknya melakukan Karya Bhakti dengan membangun jamban di sejumlah desa yang di wilayah tersebut.

Dandim 0103 / Aut, Letkol Kav. Fadjar Wahyudi Broto, melalui Daramil Baktiya Kapten Inf Syofyandri pada Rabu (17/05), mengatakan, Dalam Karya Bhakti ini kita melakukan pembangunan jamban di setiap desa. Namun yang kita prioritaskan pembangunan dilaksanakan pada wilayah-wilayah yang belum memiliki lokasi pembuangan air besar.

Lanjutnya, dalam karya bhakti Koramil 13 membangunan sebanyak 24 unit jamban yang dikerjakan oleh babinsa koramil 13 Baktiya yang terbagi dalam beberapa desa yang ada dikecamatan tersebut, “Karena disini sebagian juga masyarakat mamanfaatkan aliran sungai untuk membuang air besar, mereka juga memanfaatkan saluran tersier irigasi dan sebagian lain justru ada yang menggali tanah untuk membuang air besar,”Jelasnya.

Maka untuk itu hal tersebut, akan menurunkan tingkat kesehatan warga terutama yang membuang air besar di saluran tersier irigasi dan aliran sungai, karena masih ada masyarakat yang memanfaatkan aliran sungai dan irigasi untuk kebutuhan hidup sehari-hari, seperti mandi, mencuci bahkan untuk kebutuhan makan dan minum sehari-hari,” katanya.

Dengan dibangunnya jamban tersebut, lanjut Syofyandri, diharapkan tingkat kesehatan masyarakat bisa meningkat dan pola hidup masyarakat bisa lebih baik dan terjaga serta Masyarakat yang sudah dibangun jamban dapat dipergunakan sebaik baiknya,”tutupnya.( SF ).‎

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas