Komunitas Petani Muda Pase Panen Perdana Gandengkan Pihak Syngenta

ACEH UTARA | BN – Komunitas Petani Muda Pase ( KPMP) Desa Alue Jamok, Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara, Melakukan Panen Perdana (08/08/2017), Dalam acara panen perdana tersebut turut hadir dari Pihak Perusaan PT.Syngenta Indonesia, Farvin dari Sumatra Fauzi Tobar, ketua Asgara Mukhsalmina selaku pembina KPMP, Tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Alue Jamok.

Syafi’i selaku Agronomis Aceh dari PT.Syngenta saat mintai keterangan oleh awak media Bongkarnews.com, mengatakan, Dimana petani khususnya kelompok KPMP Desa Alue Jamok tersebut menggunakan produk syngenta, Alhamdullilah hasilnya sangat memuaskan dan bisa kita lihat perbandingannya dengan padi yang lain, yang tidak menggunakan produk syngenta.

“Hasilnya lebih meningkat dan kita bisa melihat diteknologi armor dimana daun benderanya tetap hijau sampai panen, dan itu sudah bisa panen, tetapi kita hanya menunggu isi padi tersebut denga lebih full lagi, jika dibandingkan yang disebelah kita ini tidak menggunakan produk syngenta.” Jelasnya.

Tambahnya, kita mendamping petani sejaki awal mulai turun kesawah hingga memasuki masa panen,Kenyataannya, Alhamdulillah masyarakat ada peningkatan diperkiraka sekitar 20% sebelumnya mengunakan produk syngenta.

Sementara Daman Huri ketua KPMP menjelaskan, sebenarnya ini inisiatif kami untuk membuat suatu perkumpulan para petani – petani muda, Dimana kebanyakan petani muda tidak mau bertani alasannya susah dan sebagainya, maka kita disini membuat wadah yang diberinama KPMP.

” Kenapa kita berinama Komunitas Petani Muda Pase (KPMP), karena kebanyakan yang bergabung dalam komunitas ini adalah pemuda – pemuda, kami harapkan kedepan para pemuda ini bisa menjadi penyeluh swadaya bagi petani lainnya.” Jelasnya.

Tambahnya, dimana dalam hal ini misalnya tenaga ppl atau penyuluh dari dinas kurang dan kita bisa menyeru mereka untuk mebantu masyarakat yang sudah kita bina dari KPMP atau dari komunitas lainnya sehingga pemuda tersebut bisa menjadi penyuluh swadaya, Dan para pemuda yang sudah kita bina ini agar mereka bisa berbagi ilmu dengan petani gimana para petani ini harus bangkit dari perekonomian dan hasil panen masyarakat harus memuaskan.

” kita sudah membentuk KPMP ini Tujuh Kecamatan diantaranya, Kecamatan Baktiya, Baktiya Barat, Seunuddon, Tanah Jambo Aye, Langkahan, Lhoksikon dan Pante Bidari Kabupaten Aceh Timur.Dan diharapkan ini menjadi wadah perkumpulan petani untuk kedepan,”tuturnya.(SF).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *