KKN-PPM 03 UMM Terapkan Cara Budidaya Ikan Tawar Berbasis Perikanan - Bongkarnews

Sitename

Description your site...

KKN-PPM 03 UMM Terapkan Cara Budidaya Ikan Tawar Berbasis Perikanan

KKN-PPM 03 UMM Terapkan Cara Budidaya Ikan Tawar Berbasis Perikanan




MALANG | Bongkarnews.com – Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyakat.

Hal tersebut merupakan kegiatan diluar kampus dan secara langsung mengidentifikasi serta mampu memberikan solusi terhadap masalah-masalah pembangunan yang dihadapi di dalam masyarakat.

Kegiatan tersebut, diimplementasikan melalui kegiatan KKN-PPM 03 dari Universitas Muhammadiyah Malang di bawah Bimbingan Bapak Ganjar Adhywirawan Sutarjo, S.Pi, MP dan Bapak Dr. Ir. Warkoyo, MP, IPM (selaku Dosen Pembimbing Lapang)

Dan dilaksanakan di Desa Sapanjang Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang yang bekerjasama dengan masyarakat khususnya di Dusun Pidek terkait penerapan manajemen budidaya ikan yang baik (CBIB).

Bidang Perikanan sendiri di daerah tersebut, juga ditekuni oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya Gabungan kelompok tani (Gapoktan) “Raja Mina” dan “Raja lele”.

Salah satu anggota Gapoktan Bapak Sulianto mengatakan, “kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Sepanjang khususnya Gapoktan “Raja Mina” dan “Raja Lele” melalui kegiatan ini yang sebelumnya masyarakat sering mengalami kegagalan panen, sekarang kami bisa panen sesuai harapan” terangnya. Senin, (10/09).

Rifki, penanggung jawab program mengatakan bahwa, pendampingan ini bertujuan agar masyarakat mampu menerapkan manajemen budidaya ikan yang baik dan ramah lingkungan sehingga diperoleh hasil budidaya optimal dan diharapkan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Desa Sepanjang.

Sinergitas Perguruan tinggi melalui KKN PPM 03 UMM bersama masyarakat dalam kegiatan budidaya dibidang perikanan dan lain-lain sangat baik.

Melalui inovasi penerapan cara budidaya ikan air tawar yang baik, penggunaan pakan yang memanfaatkan potensi lokal, pengelolaan kesehatan ikan, dan pengolahan hasil perikanan, serta perhitungan analisa usaha pasca panen.

Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak bulan Juni hingga Agustus 2018 dengan hasil panen yang melimpah dan Bobot yang baik. Masrayarakat dan kelompok Gapoktan tersebut sangat menyambut dengan suka cita atas proses dan hasil maksimal yang didapatkan pasca panen.

Masyarakat dan kelompok Gapoktan sangat bertrimakasih kepada mahasiswa KKN-PPM 03 Universitas Muhammadiyah Malang, yang sudah memberikan inovasi dan kreasi mengenai penerapan budidaya ika air tawar yang baik.

“Alhamdulilah diketahui masyarakat dapat merasakan hasil dari penerapan budidaya ikan air tawar yang baik yang telah diberikan sebagai wujud inovasi oleh dari KKN-PPM 03 Univeritas Muhammadiyah Malang,” lebih lanjut disampaikan Ganjar Adhywirawan S.Pi, MP. (rif/ari)

example banner