Kesadaran Masyarakat Miliki Andil Besar Antisipasi Banjir

Medan I Bongkarnews.com-Kondisi banjir atau genangan air disejumlah daerah di kota Medan patut disikapi serius semua pihak. Sehingga masalah itu tidak harus dibebankan keseluruhan kepada Dinas PU Kota Medan. Tetapi, alangkah baiknya Lurah dan Kepling lebih awal dan maksimal melakukan pembersihan parit dan lingkungan.

Penegasan itu disampaikan anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor di Gedung DPRD Kota Medan Jalan Kapten Maulana Lubis, Rabu (23/10/2019) menyikapi kondisi banjir di Kelurahan Titi Rante Kec Medan Baru yang luput perhatian Kepling dan Lurah.

Bacaan Lainnya

Pada hal, kondisi banjir parah disana karena drainase yang dipenuhi sampah dan lumpur. “Sebaiknya, Lurah dan Kepling dapat menggerakkan masyarakat melakukan gotong royong melakukan normalisasi dan pembersihan lingkungan. Selanjutnya, kalau ada kerusakan serius lalu dapat diteruskan ke Dinas PU Medan,” papar Antonius.

Lurah dan Kepling juga diminta mampu memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar sadar kebersihan lingkungan. “Kesadaran masyarakat untuk kebersihan lingkungan memiliki andil besar meminimalisir banjir di Medan. Kepling dituntut bersosialisasi kepada masyarakat menjaga kebersihan,” ujar Antonius.

Ditambahkan Antonius, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution dan Sekda Medan Wiriya Al Rahman diharapkan melakukan evalusi terhadap Kepling, Lurah yang tidak peduli terhadap lingkungannya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah perwakilan warga Kelurahan Titi Rante KecamatanMedan Baru mengadukan persoalan banjir ke gedung DPRD Medan. Warga yang mengadu dipimpin Maria Pinem dan Uba Silaban yang diterima anggota DPRD Medan Antonius Tumanggor di ruang kerjanya. Menurut Maria dan Uba, darinase di Jalan Madolin dan seputaran kantor Camat tidak berfungsi. Sehingga jika hujan turun air meluber ke rumah warga. Parahnya, air tadi lama baru surut karena saluran tersumbat.(ft)

Pos terkait