Kepling Diharapkan Tingkatkan Pengamanan Lingkungan

Medan | Bongkarnews.com- Anggota DPRD Medan M Nasir meminta agar Pemerintah Kota Medan melalui aparatur terkecilnya, yakni kepala lingkungan meningkatkan pengamanan di lingkungan sekitar. Hal ini terkait ditemukannya ratusan imigran ilegal berkewarganegaraan Myanmar dan Bangladesh di salah satu ruko, Jalan Pantai Barat, Medan Helvetia, kemarin.

“Apalagi ini menjelang pemilu, harus diantisipasi adanya penduduk luar yang datang. Pemerintah dan pihak kepolisian saling bersinergi agar cepat terdeteksi kalau ada warga lain yang bukan penduduk asli di sana,”kata Sekretaris Komisi A DPRD Medan yang membidangi pemerintahan ini, Jumat (8/2/2019).

Bacaan Lainnya

Politisi PKS ini mengakui, tak semua imigran ilegal yang datang ke Medan untuk bekerja. Sebagian dari mereka hanya sekedar singgah untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura.

“Harusnya keberadaan tenaga kerja asing ini dideteksi sedari awal. Disinilah peran kepling, karena mereka yang lebih mengetahui mengenai warga-warga di lingkungannya. Kalau TKA asal Myanmar dan Bangladesh itu karena mereka terusir dari negaranya, atau ada konflik di sana. Sehingga mereka mencari perlindungan di negara lain.

Sedangkan TKA asal China, sebagian dari mereka datang kemari karena dipekerjakan. Kasus ini yang harus segera disikapi dan ditindak tegas oleh pihak imigrasi,” tegas Nasir.(ft)

Pos terkait