Kapolres Bersama Forkopimda Gelar Rakor Penanganan Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Simalungun Tahun 2023

SIMALUNGUN | bongkarnews.com – Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., bersama Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH. MH., dan Dandim 0207/ Simalungun Letkol. Inf. Hadrianus Yossy Suherman Buanan., S.IP, M. Han., menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Penanganan Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Simalungun Tahun 2023, di Aula Andar Siahaan Mako Polres Simalungun Jln. Jhon Horailam Saragih Pematang Raya Kabupaten Simalungun. Jumat(31/3/2023) Sekira Pkl.09.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., dalam sambutannya saat membuka Rapat Koordinasi Lintas Sektoral mengajak seluruh Unsur Pemerintah bersama Stake Holder dan Lapisan Masyarakat bekerjasama dalam rangka penanganan percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Simalungun dan “Meminta langkah-langkah aplikatif dalam penanganan masalah stunting dan edukasi agar tepat sasaran kepada masyarakat,” kata Kapolres Simalungun.

“Kita bersama disini ada Pak Bupati, Pak Dandim dan Saya Kapolres Simalungun untuk mengetahui sudah sejauh mana penanganan masalah stunting di Wilayah Kabupaten Simalungun,” ucapnya.

AKBP Ronald juga menekankan kepada para Satgas Stunting untuk dapat bekerjasama Dengan Kapolsek Sejajaran Polres Simalungun untuk membuat program serta menentukan batas waktu perawatan anak stunting dengan jelas.”Personel bhabinkamtibmas, serta bidan desa akan diarahkan untuk bergerak cepat dalam hal pendataan, perawatan dan pengawasan anak-anak stunting,” katanya.

Kapolres mengatakan, Percepatan penanganan penurunan angka stunting memang bukan tugas pokok Polri, namun permasalahan stunting ujung-unjungnya dapat berpengaruh kepada keamanan.

Sesuai perintah dari satuan atas bahwa Polri mendukung Pemda/Pemkab dalam percepatan penanganan stunting, terlebih lagi pada tahun 2035 Indonesia akan mendapat bonus demografi, yaitu penduduk produktif lebih banyak dari non produktif, sehingga percepatan penanganan stunting bertujuan agar menghadapi bonus demografi tersebut.

Lebih lanjut AKBP Ronald mengatakan, stunting tidak hanya untuk bayi yang baru lahir saja, namun juga untuk yang masih dalam kandungan, serta pasangan yang hendak menikah pun harus diintervensi.

“Sedangkan terkait dengan kasus narkoba dan cabul, yang melibatkan anak sebagai pelaku di Sergai pada tahun 2022 tinggi, sehingga kita perlu untuk mengintervensi calon-calon ayah dan ibu yang akan melahirkan penerus dan punya anak. Stop narkoba, stop stunting dan narkoba adalah salah faktor penyebab stunting, dan masalah narkoba adalah tanggung jawab kita bersama, dalam hal pencegahan di tengah masyarakat,” ucap Kapolres.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Simalungun Radiapoh mengatakan pencapaian penurunan stunting sudah berjalan dengan baik. Walaupun begitu dirinya tetap mengajak seluruh unsur untuk bersama-sama dan bergandengan tangan untuk penurunan stunting di Kabupaten Simalungun. “Di tahun 2022 kita sudah lakukan perbaikan. Yang dimana kita berhasil menurun angka stanting dari 28 persen menjadi 17,4 persen dan turun 10,6 persen dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Kata Bupati, posisi tersebut berada dibawah angka stanting provinsi Sumatera Utara sebesar 21,1 persen demikian juga angka Nasional sebesar 21,6 persen.

“Sesuai dengan Perpres no 72 tahun 2021 kita masih perlu menurunkan prevelensi stanting sebesar 2,6 persen sehingga dapat mencapai 14 persen di tahun 2024,” ujarnya sembari mengatakan kondisi tersebut menunjukkan bahwa implementasi program- Progam penurunan stunting berjalan efektif den relevan mendukung pencapaian Nasional.

Selanjutnya, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Simalungun Bupati mengajak agar Bekerjasama dan bergandengan tangan untuk menurunkan angka stanting.

“Kita dari Pemerintah Kabupaten Simalungun sudah gencar untuk penurunan stunting. Ini menjadi salah pr kita bersama, agar SDM kita kedepannya lebih baik dan mampu bersaing di tahun-tahun berikutnya. Jadi dari ini mari kita berbenah” ujarnya.

Bupati Simalungun juga berharap dan menghimbau masyarakat lebih memprioritaskan asi ekslusif kepada bayi agar tercipta generasi emas di Kabupaten Simalungun.

“Kalau kita lihat anak – anak kita sekarang, sungguh sangat berbanding dengan di kota – kota yang sudah membaik stanting nya. Jadi inilah yang perlu kita perbaiki agar anak-anak kita kedepannya menjadi generasi penerus yang mampu bersaing dan berkwaltas,” terangnya.

Bupati juga menghimbau dan mengajak kepada Dinas kesehatan, dan Forkopincam agar berjalan bersama – sama untuk memberikan pemahaman dan himbauan kepada masyarakat dalam pentingnya pencegahan stanting.

“Upaya kita dari Pemerintah Kabupaten Simalungun telah membuat program dana desa 30 persennya yang akan kita gunakan untuk ketahanan pangan. Upayanya untuk mencegah stanting dan ketahanan pangan kita bisa tetap terjaga,” tutupnya.

Hadir dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral bersama Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH. MH., Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., Dandim 0207/ Simalungun Letkol. Inf. Hadrianus Yossy Suherman Buanan., S.IP, M. Han.

Wakapolres Simalungun Kompol Efianto, SH, MH., Kabag Ops Polres Simalungun KOMPOL Kristo Tamba, S.H., S.I.K., M.I.K., Kabag Sumda Polres Simalungun KOMPOL Joner Purba., Kabag Log Polres Simalungun KOMPOL Gering Damanik, SH., Kapolsek Tanah Jawa KOMPOL Manson Nainggolan, SH., M.Si., Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP. Rachmat Aribowo, S.I.K., M.H., Kasat Narkoba Polres Simalungun AKP. Adi Haryanto, SH. Kasat Lantas Polres Simalungun AKP M. Haris., Sihite, S.E., Kasat Binmas Polres Simalungun AKP Hengky B. Siahaan, SH., Kasat Intel Polres Simalungun Iptu Teguh Raya Sianturi., Kasihumas Polres Simalungun AKP M.Nasib.

Kapolsek Bangun AKP Lambok Stevanus Gultom, SH., Kapolsek Serbalawan AKP Abdullah Yunus Siregar, SH., Kapolsek Dolok Silau AKP Josia, S.H., M.H., Kapolsek Dolok Panribuan AKP Nelson Butar-butar., Kapolsek Panei Tonga AKP Hilton Marpaung, SH., Kapolsek Purba AKP Marolop Sinaga., Kapolsek Dolok Pardamena AKP Sontang Tampubolon., Kasubbagkum Polres Simalungun AKP Binsar., PLH Kasi Propam IPTU B.L Tobing., Paurkes Polres Simalungun dr. Siro Venesia Banjarnaor., Kepala Dinas Kesehatan, PUPR, Sosial, Capil, Dikjar Kabupaten Simalungun., Kepala Puskesmas Se_Kabupaten Simalungun.(Ep)

#Humas_Polres_Simalungun

Pos terkait