Kakek Bakhtiar Penyelamat Cucu Dikebumikan di Samalanga

BIREUEN | bongkarnews.com – Bakhtiar Makyah (65) warga Desa Panterheng pesisir Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen yang sebelumnya diberitakan masih misteri setelah ditelan air laut ketika berupaya hendak mengamankan cucunya yang sedang mandi laut akhirnya ditemukan telah meninggal dunia Kamis sekira pukul 02.15 Wib dini hari, disekitar lokasi pencarian.

Awalnya, Tim SAR BPBD Pemkab Bireuen menyudahi gerak pencariannya pukul 23.00 WIB tengah malam, setelah melaksanakan tugas operasi selama tiga jam lamanya. Dengaan tekad akan berjibaku kembali pada waktu pagi hari keesokan harinya.

Sejumlah Warga pesisir yang merasa prihatin tetap berusaha membantu pencarian disekitar TKP. Disekitar lokasi, keluarga korban dengan turut dibantu masyarakat sekitar sampai mendirikan tenda (teratak) lengkap dengan dukungan lampu dari strom mesin genset.

Sementara sejumlah remaja binaan tokoh agama muda pimpinan LPI Desa Sangso Dan juga santri binaan putra korban nyakni Tgk Surya, atau yang akrab disapa Tgk Abang mengambil inisiatif meminta petunjuk dari sang pencipta sambil membaca surah Yasin.

Dalam suasana gemuruh ombak dan keremangan malam, masyarakat yang masih berada disekitar lokasi pencarian tersentak ketika mendengar teriakan lantang Syafruddin Yusuf (65) seorang petani tambak asal Desa Panterheng meminta bantuan setelah menemukan sosok manusia terbujur kaku dengan kondisi timbul tenggelam dibagian pesisir itu.

Benar saja, setelah didekati adalah jasad dari Kakek Bakhtiar Makyah yang sedang dilakukan pencarian karena dinyatakan tenggelam serta hilang dibawa arus air laut saat menjangkau posisi tiga cucunya yang nyaris terbawa arus saat mandi bersama beberapa rekan main sebayanya.

Seketika itu, Ambulance Puskesmas Samalanga merapat ke TKP untuk melkukan evakuasi serta membawa jasad korban ke puskesmas untuk kepentingan visum medis, pihak puskesmas setempat bangkit dari lokasi siaga setelah menerima kabar terkini dari seorang anggota keluarga korban.

Keterangan yang sempat diperoleh media ini ketika mengunjungi rumah duka menyatakan Jasad almarhum Bang Bakti akan dikebumikan di Desa asalnya Panterheng Kecamatan Samalanga waktu menjelang siang Kamis 16 Januari 2020.

Pada waktu hari masih pagi, suasana dirumah duka terlihat penuh keharuan terutama dari masyarakat dan para tamu yang turut melayat, sembari menyampaikan salam duka “belangsungkawa” kepada ahli waris yang selama hidupnya diinformasikan sikap pergaulannya ramah dan cepat akrab dengan semua kalangan masyarakat.

Diantara warga yang berhadir pada waktu pagi harinya, juga terlihat kehadiran M Jafar Abdullah, DPRK – PDA Bireuen, yang tercatat juga sebagai Dewan Dapil mencakup Kecamatan Samalanga.

Terlebih lagi, anak-anak muda atau putra-putra dari almarhum seperti Tgk Abang, Tgk Adek, Hulaimi (Aparaya) serta Owen yang piawai dalam bidang olahraga sepakbola dan merupakan putra paling bungsu yang sangat dikenal dan familiar dikalangan rekan seangkatannya. (Rus – Brn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *