Kadinkes Bondowoso Akan Tindak Lanjuti Kasus Sampah Medis

BONDOWOSO –  BN  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur,  M. Imron mengungkapkan, akan segera melakukan konfirmasi kepada pihak Rumah Sakit Mitra Medika tentang sampah medis. Video pembuangan sampah medis yang diduga dilakukan oleh pihak Rumah sakit Mitra Medika, banyak beredar di kalangan media dan LSM.

” Terkait penemuan dan dokumentasi yang dimiliki oleh teman-teman media, akan kami lakukan kembali konfirmasi ke pihak Rumah Sakit tersebut. Seperti sebelumnya, prinsip aturan dalam pengelolaan limbah B3 harus ditaati oleh fasilitas kesehatan dan petugas kesehatan dimanapun,” ucap Imron melalui pesan selulernya ditanya tentang sampah media pada Rumah Sakit Mitra Medika, Rabu (2/11/2016).

Bacaan Lainnya

Lokasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sampah medis oleh pihak Rumah sakit Mitra Medika tidak jauh dari Rumah sakit. Jarak TPS, sekitar 500 meter dari Rumah Sakit Mitra Medika, tepatnya di Kelurahan Kademangan. Dalam video, terlihat jelas sarung tangan medis dan sampah medis lainnya ditumpukan sampah.

Indikasi kelalaian maupun indikasi unsur kesengajaan oleh Pihak Mitra Medika, telah melanggar aturan. Imron menjelaskan jika ditemukan kelalaian akan melakukan pembinaan terhadap pihak Mitra Medika.

” Kita kembalikan pada Undang-Undang dan peraturan yang ada jika terbukti lalai. tentu dengan tahapan-tahapan dalam pembinaan.yang pasti sampah medis Rumah Sakit Mitra Medika sudah dikelola oleh pihak ke 3 dari Mojokerto. Kelalaian yg ada bisa dari personal pegawai di Rumah Sakit yang mungkin tidak sengaja, atau karena Sumber Daya Manusia yang tidak memahami.” pungkas imron ditanya tidakan terhadap pihak Rumah Sakit.  (TK)

Pos terkait