HUT RI ke-73 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu Gelar Berbagai Aksi Marching Band

PASIR PENGARAIAN | Bongkarnews.com – Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu memperingati detik-detik proklamasi Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-73, di lapangan kantor Bupati, Komplek Bina Praja Pemerintah Daerah, Pasir Pengaraian.

Prosesi upacara yang diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berasal dari siswi SMAN 1 Pagaran Tapah Darussalam dipimpin Bupati Rokan Hulu Sukiman, Komandan upacara‎ Danramil 11 Tambusai Kapten Inf M Fadil dan ‎Ketua DPRD Kelmi Amri sebagai pembaca Teks Proklamasi.

Pada keluangan itu, Bupati Rokan Hulu, Sukiman, menyampaikan tentang usia Kemerdekaan Indonesia ke-73 tahun untuk generasi muda agar memaknai sejarah berdirinya Indonesia dengan perjuangan serta pengorbanan jiwa, harta dan raga.

“Semoga generasi muda kita‎ di Rokan Hulu bisa mengisi kemerdekaan dengan penuh kebersamaan. Indonesia merdeka itu bukan hanya satu kelompok, tapi beratus-ratus. Kita beragam agama dan bahasa, tetapi kita harus tetap Bhineka Tunggal Ika”, ucap Sukiman, Jumat (17/8/2018) pagi, dihadapan peserta upacara.

Kedepan, Sukiman berharap generasi muda menjauhi kenakalan remaja seperti Narkoba yang merusak kesehatan jasmani dan rohani. Selain itu, Ia juga menginginkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Rokan Hulu dapat lebih membaik dan semakin meningkat.

Sementara, Ketua DPRD Rokan Hulu, Kelmi Amri, mengajak seluruh masyarakat mengisi momentum kemerdekaan RI ke-73 tahun dengan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sebab menurutnya, persatuan merupakan modal utama dalam mempersatukan seluruh elemen bangsa.

“Cuma itu modal besar kita untuk tetap utuh menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia ini”, ujarnya, usai upacara memperingati HUT RI.

Meski Indonesia sudah termasuk era emas dengan usia ke-73, Ia menilai dan melihat kondisi ekonomi masyarakat saat ini masih sulit dan pelayanan publik belum maksimal. Kedepan, Ia berharap Pemerintah Daerah dan Pemerint‎ah Pusat menjadikan situasi tersebut sebagai perhatian serius.

HUT RI ke-73 tahun yang bertemakan “Kerja Kita Prestasi Bangsa” itu, diisi dengan pemberian beberapa penghargaan oleh Bupati Rokan Hulu Sukiman, kepada berbagai pihak termasuk kepada para veteran yang telah berjasa dan mengharumkan nama baik Kabupaten.

Kemudian, Bupati Rokan Hulu menyerahkan penghargaan berupa trophy serta uang pembinaan kepada Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Hj Peni Herawati, atas prestasi yang telah diraih TP PKK mulai dari tingkat Desa, Kecamatan sampai ke tingkat Nasional.

Disamping itu, Ketua Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian Sarudi dan Kapolres Rokan Hulu M Hasyim Risahondua, turut menerima Sertifikat tanah dari Bupati atas lahan yang dihibahkan Pemerintah Kabupaten untuk Gedung baru PN Pasir Pengaraian bulan April 2017 lalu dan pembangunan Mako Polres beberapa minggu sebelumnya.

Di penghujung acara, tampak diakhiri aksi Marching Band Gita Karya Praja Satpol PP yang menampilkan atraksi-atraksi atau pertunjukan menarik. Dilanjutkan dengan berbagai rangkaian kegiatan-kegiatan lainnya yang dipusatkan di lapangan Kantor Bupati Rokan Hulu.(Lim)

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas