Sitename

Description your site...

HUT ke 18 Bireuen, 517 Kantung Darah Terkumpul dari Pendonor

887 KALI DIBACA
HUT ke 18 Bireuen, 517 Kantung Darah Terkumpul dari Pendonor

BIREUEN}BN- Sebanyak 517 kantong darah dari berbagai golongan, berhasil terkumpul yang berasal hasil pendonor yang turiut memeriahkan HUT Bireuen ke 18, yang dilaksanakan di halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen, Kamis (12/10) pagi

Donor darah ditandai pelesasan pelepasan balon oleh Bupati Bireuen, H Saifannur, S.Sos dan Wakil Bupati Bireuen, DR H Muzakkar Abd Gani, SH, M,Si.

Koordinator kegiatan, Mursal mengatakan pelaksanaan danor darah dilaksanakan berkenaan dengan HUT Ke 18 Kabupaten Bireuen. “Setidaknya, terkumpul 517 kantong darah berbagai golongan dan 300 kantong diantaranya diberikan untuk PMI Pidie yang ikut membuka pelayanan donor di lokasi danot=r darah,” ujar Mursal kepada media ini.

Dikatakannya, sebenarnya jumlah pendonor lebih banyak, tetapi tetapi ada yang tidak bisa mendonorkan darahnya karena saat ditensi darah oleh petugas kesehatan, kondisi tensinya tidak memungkinkan, dabn ada juga HB darahnya rendah.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Bireuen dr Amir Addani, M.Kes, yang ditanya wartawan mengatakan peserta donor melibatkan pejabat dan pegawai dilingkungan Bireuen, juga para medis, kalangan siswa dan mahasiswa, serta masyarakat umum.

Ungtuk proses pelayanan donor darah selain melibatkan petugas UTD, PMI juga sejumlah petugas medis dari Puskesmas di Bireuen, darah terkumpul, akan disumbangkan untuk memenuhi kebutuhan darah di UTD RSUD dr Fauziah serta untuk PMI Kabupaten Pidie juga ikut membuka layanan donor di lokasi,” tutiur dr Amir Addani.

Sementara itu Basri, Sp relawan PMI Kabupaten Pidie mengatakan kepada wartawan, kebutuhan darah di Pidie perbulan mencapai 300 sampai 500 kantong darah berbagai golongan dan untuk memenuhi kebutuhan itu selain mengelar kerjasama donor darah dengan berbagai pihak terkait, juga termasuk donor darah keluarga.

“Kondisi darah di PMI Pidie hari ini Kamis pagi sudah menipis dan kami harap dapat terbantu dengan ada kerjasama donor darah dalam HUT Bireuen ini, untuk golongan darah 0 ada 10, darah B 2, A 5 dan AB 9 kantong darah,” ungkap Basri,Sp. (Maimun Mirdaz)

banner 468x60