HPN 2018 Undang Wartawan Se-Indonesia Terbitkan Buku ‘Wartawan Juga Penyair’

PADANG – BN.

Puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang diselenggarakan di Kota Padang pada hari Jumat 9 Februari 2018 akan meluncurkan buku puisi wartawan se-Indonesia. Untuk itu, sejak tanggal 27 Desember 2017, Panitia Bidang Sastranya telah membuka penerimaan naskah puisi bertema ‘Metafora Minangkabau di Mata Jurnalis (alam sebagai sumber kearifan budaya)’, dan ‘Wartawan Juga Penyair (puisi penyampai ide yang tak terungkapkan)’, dan penerimaan naskah akan ditutup pada tanggal 13 Januari 2018. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Barat ini direncanakan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

“Kami mengundang para penulis puisi / penyair yang kesehariannya bergerak di bidang kewartawanan, baik: reporter, kontributor, penyiar, fotografer, dan atau redaktur budaya, untuk ikut menerbitkan puisinya di buku antologi puisi ini,” kata Syarifuddin Arifin, Sastrawan Nasional yang dipercaya menjadi Koordinator Bidang Sastra di perhelatan HPN 2018, ketika diwawancarai, Kamis 28/12/2017.

“Calon peserta adalah wartawan yang dibuktikan dengan KTA dari organisasi kewartawanan di daerah masing-masing, atau rekomendasi dari Pimpinan Redaksi tempatnya bekerja dan mengirim 3 (tiga) judul puisinya dengan tema tersebut. Panjang puisi per judul tidak lebih 30 baris,” jelas Syarifuddin.

Lebih rinci Syarifuddin menyampaikan, calon peserta juga diminta untuk melampirkan biodata tentang kewartawanan dan kepenyairan serta foto wajah terbarunya. Naskah puisi dan berkas pendukung ini ditulis dengan jenis huruf  Times New Roman dalam ukuran 12 pt, dilampirkan pada attachment dan dikirim ke alamat surel syrf_arifin@yahoo.com. Juga bisa dikirim atau diantar langsung ke Kantor Sekretariat PWI Sumbar, Jalan Bagindo Aziz Chan No. 8A, Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat – 25900. Kepada calon peserta tidak dipungut biaya.

HPN 2018 ini turut diprakarsai oleh masyarakat pers nasional yang terdiri dari Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

“Peluncuran buku puisi dan pertunjukan baca puisi “Wartawan Juga Penyair” akan dilaksanakan pada tanggal 7 – 8 Februari 2017 di Padang,” kata Syarifuddin menutup wawancara.

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

 

EPAPER BONGKARNEWS

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas