Halte dan Mopen di Pasar Horas Disemprot Disinfektan, Kadishub Minta Perantau Mudik Melapor

  • Whatsapp

SIANTAR | bongkarnews.com – Halte dan sejumlah angkutan mobil penumpang (mopen) di sekitar Pasar Horas Pematangsiantar disemprot cairan disinfektan, Jumat (3/4/2020). Penyemprotan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar melalui Dinas Perhubungan (Dishub) tersebut sebagai salah satu upaya menanggulangi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Penyemprotan dilakukan di Jalan Sutoyo dan Jalan Imam Bonjol. Sebelum penyemprotan, pihak Dishub mengimbau para pedagang dan penumpang untuk menjauh. Selanjutnya, seluruh mopen yang ada di lokasi tersebut disemprot cairan disinfektan oleh petugas Dishub, mulai bagian luar hingga dalam. Selanjutnya, para supir mopen diimbau untuk tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19.

Bacaan Lainnya

example banner example banner

Dalam kesempatan itu, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Kusdianto SH menerangkan, Pemko bergerak terus dalam melakukan penyemprotan sejumlah lokasi.

“Seperti yang dilakukan Dinas Perhubungan ini. Kita melihat di pasar ini banyak masyarakat lalu-lalang sehingga rawan,” katanya.

Kusdianto mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi program pemerintah.

“Sama-sama kita mencegah wabah yang telah terjadi ini. Kita lihat masyarakat di pasar ini masih jarang yang menggunakan masker. Jadi intinya masyarakat saling membantu karena oemerintah tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada dukungan dari masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut Kusdianto mengatakan, penerapan pola hidup bersih dan sehat juga merupakan solusi terhindar dari penyebaran Covid-19.

“Bagaimana menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan, seperti rajin mencuci tangan. Menghindari bepergian ke tempat hiburan juga merupakan salah satu cara penanggulangan Covid-19, juga menghindari kerumunan,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pematangsiantar Drs Esron Sinaga MSi mengatakan, penyemprotan bertujuan agar masyarakat yang menggunakan jasa mopen merasa nyaman dan aman. Sebab banyak pihak yang menggunakan jasa mopen.

“Penyemprotan ini kami lakukan untuk pencegahan. Mungkin si supir tidak tahu ada penumpangnya yang terpapar Corona. Makanya, kami lakukan penyemprotan agar angkutan umum yang masih beroperasi steril dari Corona,” ujarnya seraya mengimbau para supir dan masyarakat agar tidak panik.

“Ikuti petunjuk dari pemerintah karena pemerintah sangat serius dalam menghadapi wabah ini,” tambah Esron.

Disebutkan Esron, para supir juga diberikan pengetahuan dan imbauan terkait bahaya Covid-19. Sebab masih banyak supir yang tidak peduli pada keselamatan dirinya.

“Kalau dilihat, memang banyak sekali supir yang nggak pakai masker, makanya kami ingatkan agar mereka menggunakan masker agar tidak tertular dari siapapun,” paparnya.

Kepada mahasiswa atau pekerja yang pulang dari luar Kota Pematangsiantar, Esron mengimbau agar melapor ke pemerintah setempat atau Puskesmas agar bisa diperiksa kondisi kesehatannya. (EP)

Pos terkait