Gustu Pemprovsu Kunjungi Gustu Covid-19 Dairi Bupati Dairi Berharap Masa Transisi Menuju New Normal di Sumut Lancar

DAIRI | bongkarnews.com – Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menerima piagam penghargaan atas prestasi dan kerja sama dalam penanganan Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk Pencegahan dan Penanganan COVID-19 dari Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provsu Ir. Ida Mariana M.Si yang juga Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara.

Seraya menyerahkan piagam penghargaan, kunjungan Tim ini juga dalam rangka pembahasan pedoman penerapan new normal produktif yang aman dari penyebaran Covid-19 yang dilaksanakan di Ruang Kerja Bupati Dairi, Kamis (18/06/2020).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan rasa terimakasih atas dukungan yang telah diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 khususnya pada program sosial safety net yang telah disalurkan kepada masyarakat Kabupaten Dairi.

“Masyarakat terdampak Covid-19 Kabupaten Dairi sangat bersyukur dan berterimakasih atas penyaluran sembako berasal dari Pemerintah Provinsi karena dapat memenuhi kebutuhan pokok dan membantu perputaran ekonomi masyarakat. Pada tahap awal penanganan, peralataan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Dairi sebahagian berasal bantuan yang bersumber dari berbagai pihak, baik dari perusahaan swasta, berbagai komunitas, masyarakat perantau asal Dairi dan lain-lain, karena koordinasi antara Pemerintah Kabupaten baik dengan Pemerintah Provinsi maupun dengan Pusat masih membuktikan berbagai mekanisme sesuai peraturan perundangan yang berlaku” ujar Eddy Berutu.

Bupati Dairi bersyukur dan berterimaksih bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi memperoleh bantuan jaring pengaman sosial dari Gubernur Sumatera Utara yang telah kami salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Sesuai dengan arahan Gubernur, bantuan yang ada dapat disalurkan kepada masyarakat yang terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) maupun yang non-DTKS, ini sangat membantu Pemerintah Kabupaten Dairi mengatasi kesulitan masyarakat,” ujar Bupati.

Lebih lanjut, Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan setelah mendapatkan data dan dilakukan penentuan titik penyaluran, pendistribusian dapat dilakukan dengan cepat meski geografis wilayah kabupaten Dairi luas dan pemukiman penduduk yang tersebar di 15 kecamatan.

Bupati juga menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemerintah Provinsi yang telah memberi bantuan berupa rapid test, APD dan thermo gun yang sangat membantu Pemerintah Kabupaten Dairi pada masa-masa sulit, bantuan tersebut telah disalurkan ke pihak rumah sakit dan pukesmas untuk digunakan para tenaga medis.

“Kedepan kami juga mengharapkan dukungan Gubernur dalam memasuki transisi new normal sehingga perputaran ekonomi dapat kembali menuju normal tetapi tetap dengan menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah,“ tutup Bupati Eddy Berutu.

Pada pertemuan ini Ir. Ida Mariana M.Si mewakili Gubernur Sumut juga menyerahkan rancangan Peraturan Gubernur sebagai landasan daerah memasuki transisi new normal kepada Bupati Dairi untuk dipelajari.

Di akhir pertemuan Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu juga menyerahkan beberapa paket bubuk Kopi Sidikalang dalam kemasan yang merupakan hasil produksi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan BUMDes Dairi yang merupakan salah satu produk unggulan Kabupaten Dairi kepada perwakilan Tim Gustu Percepatan Penanganan Covid-19 Pemprovsu Ir. Ida Mariana M.Si dan rombongan sebagai cendera mata.

(BD.007)

Pos terkait