Gubsu Lepas Keberangkatan Calhaj Kloter I Embarkasi Medan

MEDAN I bongkarnrws.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melepas keberangkatan calon kemaah haji (calhaj) kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Medan, Sabtu (11/6/2022). Kloter pertama ini dijadwalkan terbang ke Tanah Suci, Sabtu (11/6) malam, melalui Bandara Internasional Kualanamu.

Diketahui Sumut mendapat kuota haji tahun ini sebanyak 3.777 orang dan ditambah 25 petugas haji (total 3.802), yang dibagi menjadi 10 kloter. Kloter pertama berasal Kabupaten Mandailingnatal, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Medan dan Kabupaten Serdang bedagai dengan jumlah 391 orang termasuk petugas.

Bacaan Lainnya

β€œPastikan bapak/ibu di sana ibadah, jangan sia-siakan karena belum tentu bapak/ibu akan dipanggil Allah lagi menjadi tamu-Nya di Tanah Suci,” kata Edy Rahmayadi di Gedung Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan, Jalan Jendral Besar AH Nasution, Medan.

Dirinya juga mengingatkan ini merupakan ibadah fisik, kesehatan salah satu kunci kelancaran di Tanah Suci. Oleh sebab itu dia meminta agar jemaah calon haji menjaga kesehatannya.

β€œDi sana lagi musim panas, ikuti arahan dari pendamping dan dokter, jangan disibukkan kegiatan-kegiatan yang tidak penting,” tegas Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang mendoakan agar jemaah calon haji kembali ke Sumut dalam keadaan sehat. β€œTunaikam ibadah dengan sempurna di sana dan kembali ke Sumut dengan sehat walafiat,” kata Marwan.

Menurut keterangan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Medan Abdul Amri Siregar ke-10 Kloter akan diberangkatkan dalam dua gelombang. Gelombang pertama yakni dari Kloter pertama hingga kloter tujuh dan kemudian disusul gelombang kedua yaitu kloter delapan hingga kloter 10.

β€œKloter pertama berangkat hari ini, kemudian besok disusul kloter kedua dan selanjutnya hingga kloter tujuh di tanggal 21 Juni,” kata Amir yang juga merupakan Kakan kemenag Provsu.

Hadir dalam pelepasan kloter pertama jemaah calon haji embarkasi Medan antara lain, Kapolda Sumut Irjen Pol R.Z Panca Putra Siamanjuntak, Bupati Madina Muhammad Jafar Sukhairi Nasution dan Ketua MUI Sumut Maratua Simanjuntak.

Terlihat juga perwakilan dari Kemenag, OPD Pemprov Sumut terkait , keluarga calhaj dan tokoh agama. (ndo)

Pos terkait