Dandim 0104/Atim Hadiri HKN ke-54 di Aceh Timur

ACEH TIMUR – bongkarnews.com –Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis yang diwakili Plh Pabung Aceh Timur Kapten Inf Suharno hadiri upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 dengan tema “Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita” yang bertempat dilapangan apel Pemkab Atim, Desa Titi Baroe, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (13-11-2018).

Yang bertugas dalam upacara tersebut yakni Inspektur Upacara Bupati Aceh Timur yang di wakili oleh Asisten II Setdakab Aceh Timur Usman A Rachman SP. MM, Komandan Upacara dari Dinas Kesehatan Efendi, Perwira upacara dari Dinas Kesehatan dr. Eka.

Turut Hadir dalam Upacara tersebut Unsur Muspida Kabupaten Aceh Timur, Ketua KNPI Aceh Timur Yusnil Amri Spd, Kepala RS. Zubir Mahmud dr. Edi, Ibu Persit Kartika Chandra Kirana kodim 0104/Atim, UPTD Puskesmas dalam Kabupaten Aceh Timur, dan Peserta Upacara.

Dalam upacara tersebut Inspektur Upacara membacakan amanat dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M bahwa peringatan Hari Kesenatan Nasional yang saat ini kita laksanakan, dengan mengangkat Tema “Aku Cinta Sehat” dengan sub tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita Tema tersebut sejalan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang menekankan pada kesadaran tiap individu untuk meningkatkan berperilaku hidup sehat, “ucapnya.

Dalam Upaya pengendalian TBC melalui upaya Inovasi Temukan Obati Sampai Sembuh (TOSS) dengan menerapkan integrasi kegiatan Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PIS-PK), diperoleh success rate minimal 85% sampai 2017 di 307 Kab/Kota, proporsi status gizi sangat pendek dan pendek pada Balita mengalami penurunan dari 37,2% pada tahun 2013, menjadi 30,8% di tahun 2018 (data RISKESDAS).

Peringatan Hari Kesehatan Nasional saat ini, mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang setinggi-tingginya yang dimulai dari diri kita masing-masing. Hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan mendorong terlaksananya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Dengan GERMAS, kita mengajak kerja sama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat, “pungkasnya.

Upacara tersebut ditandai dengan penyerahan sertifikat Terakreditasi kepada 7 pukesmas yang mendapat kelulusan terakreditasi tingkat madya oleh komisi Akreditasi fasilitas tingkat kesehatan tingkat pertama kementrian republik Indonesia yakni Pukesmas Simpang ulim, Pukesmas Madat, Pukesmas Perlak Barat, Pukesmas Rantau Perlak, Pukesmas Sungai Raya, Pukesmas Rantau Selamat, Pukesmas Birem Bayen.

Dan penyerahan dua unit mobil pukesmas keliling (pusling) untuk UPTD Pukesmas Simpang Ulim, Pukesmas Julok, dan penyerahan satu unit mobil Operasional layanan kesehatan public safety center (PSC) kepada team public safety center Kabupaten Aceh Timur.(Zainal).

EPAPER BONGKARNEWS

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas