Dana BOS Telat 'Penyakit' Menahun - Bongkarnews

Sitename

Description your site...

Dana BOS Telat ‘Penyakit’ Menahun

Dana BOS Telat ‘Penyakit’ Menahun

PDA

JAKARTA | Bongkarnews.com – Telatnya pencairan dana BOS merupakan penyakit menahun. Walau, pejabat di Kementerian Pendidikan menyebut ada aturan yang berubah untuk tahun ini, tapi nyatanya tak jua menjadi solusinya.

‘Penyakit’ menahun mandeknya pencairan dana BOS bukanlah luar biasa lagi tapi sudah menjadi suatu ‘keharusan’. Nah, untuk kasus telatnya dana BOS ke sejumlah daerah diamini Dirjen Dikdasmen Kemdikbud Hamid Muhamad.

Dia mengaku dana BOS kembali mengalami keterlambatan cair khususnya di sekolah negeri lantaran aturan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri). Hamid mengaku sudah melakukan komunikasi dengan pihak Kemdagri agar persoalan tersebut dapat diselesaikan.

“BOS itu terlambat karena sekolah-sekolah itu harus mengajukan dulu ke dinas, kemudian dinas mengajukan lagi ke Pemda, beda dengan dulu,” ujar Hamid medio Maret lalu.

Ia berharap persoalan dana BOS dapat diselesaikan secepatnya agar dana operasional sekolah tak terganggu. “Janji dari pihak Kemdagri akhir bulan ini cair, semoga saja,” katanya.

Sementara untuk SMA/SMK sederajat, sambung Hamid, pelaksanaan Ujian Nasional bisa diupayakan dengan iuran orangtua murid. Sebab, dalam aturannya, SMA/SMK bisa memungut iuran kepada orangtua murid.

“SMA/SMK itu masih boleh memungut iuran kepada orangtua, makanya itu dulu yang dipakai untuk menutup anggaran UN yang seharusnya pakai dana BOS. SMA dan SMK upayakan pakai dana lain dulu,” paparnya. (BN/NT)