Bupati Dairi Sampaikan Jawaban Pemandangan Umum Anggota DPRD Dairi

  • Whatsapp

DAIRI | bongkarnews.com – Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menjawab Pemandangan Umum Anggota DPRD Dairi dalam Sidang Dewan dengan agenda penyampaian Nota Jawaban Bupati Dairi Atas Pemandangan Umum Anggota DPRD Dairi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang APBD Kabupaten Dairi Tahun 2021 pada Kamis (19/11/2020) di Gedung DPRD Dairi.

Dalam nota jawabannya, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan eksekutif dan legislatif secara bersama-sama mempunyai tanggung jawab dan berjuang bersama untuk kemajuan Kabupaten Dairi dan warna-warni perbedaan membuat keindahan yang selaras di Kabupaten Dairi semuanya untuk kemajuan Kabupaten Dairi.

Bacaan Lainnya

example banner example banner

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan Pemerintah Kabupaten Dairi menyambut baik atas pemandangan umum yang telah disampaikan oleh beberapa orang anggota DPRD Kabupaten Dairi serta menyampaikan terima kasih atas masukan, saran, kritik dan pertanyaan yang disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Dairi.

Beberapa pemandangan umum dari Anggota DPRD Dairi yang dijawab oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu diantaranya adalah pemandangan umum dari Bapak Jembal Putera Ginting terkait agar Direktur Rumah Sakit Umum Sidikalang sesegera mungkin menyelesaikan izin penggunaan ruangan rontgen, Bupati Dairi menjelaskan bahwa pengurusan izin operasional peralatan rontgen sudah dilakukan sejak tanggal 23 Oktober 2020 ke Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) dan diharapkan izin operasional segera terealisasi.

Pemandangan umum dari anggota DPRD Dairi Lisbet Lumban Tobing terkait masukan agar kegiatan pembangunan infrastruktur khususnya pembangunan jalan Desa Sumbul menuju Desa Sambaliang yang belum terealisasi pada Tahun Anggaran 2020 akibat terjadinya realokasi anggaran sebagai dampak pandemi Covid-19, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan hal tersebut akan menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Dairi untuk ditindaklanjuti agar dapat ditangani pada Tahun Anggaran 2021.

Sedangkan pemandangan umum dari Anggota DPRD Dairi Wanseptember Situmorang terkait tidak adanya pemerataan pembangunan, Pemerintah Kabupaten Dairi tidak serius, tidak berjalan dengan maksimal, program yang dicanangkan tidak sesuai prioritas pembangunan, ketidakmaksimalan jajaran struktur Pemerintah Kabupaten Dairi dalam menerapkan anggaran, ketidaksiapan dalam melengkapi bahan penganggaran, minimnya kehadiran untuk mempertanggungjawabkan anggaran yang telah disusun, dan pernyataan seolah-olah penyusunan RAPBD Kabupaten Dairi 2021 ini ecek-ecek.

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan idealnya proses dan tahapan penyusunan RAPBD merupakan proses panjang dari sinkronisasi kebijakan perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah yang dimulai hampir 1 tahun sebelum tahun anggaran yang direncanakan melibatkan pemangku kepentingan mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan sampai kepada pemerintah pusat (nasional).

Diutarakan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu didasarkan pada RPJMD, proses dan tahapan penyusunan RAPBD setidaknya mencakup: penyelesaian Musyawarah Desa, penyusunan rancangan awal RKPD, Musrenbang RKPD di tingkat Kecamatan dan Kabupaten, penetapan RKPD, penyusunan KUA/PPAS sampai pada penyusunan RAPBD dan pembahasan bersama antara Pemerintah Kabupaten dengan DPRD. Tentunya proses panjang dengan tahapan-tahapan tersebut bukanlah hal yang ecek-ecek.

Melalui forum ini, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengucapkan juga terima kasih kepada Anggota DPR RI Hinca Panjaitan yang sangat concern pada pariwisata di Silahisabungan dan Beliau sudah meminta kepada PT. PLN Persero dan pihak lain di pusat untuk melengkapi lampu penerangan jalan dan mudah-mudahan pada Tahun Anggaran 2021 dapat terealisasi. “Kepada Bapak Djarot Saiful Hidayat kami ucapkan juga terima kasih atas perhatian beliau terhadap program Food Estate Dairi dan bila hal ini terwujud akan menjadi salah satu upaya besar dalam pemulihan ekonomi Dairi akibat Pendemic Covid – 19. Beliau sudah berjanji akan berkoordinasi dengan Anggota DPR lainnya juga Kementerian terkait lainnya dalam rencana peremajaan Pasar Sidikalang. Bahkan Beliau sangat menaruh perhatian pada penamaan jalan jalan utama di Kabupaten Dairi dengan penggunaan nama para pahlawan seperti Liberty Manik dan T.B. Simatupang,” ucap Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dalam penyampaian Nota Jawabannya.

Dalam pembacaan Nota jawabannya, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu didampingi oleh Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, S.H, Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Drs. Leonardus Sihotang, Asisten dan Staf Ahli Bupati Dairi serta Pimpinan OPD Kabupaten Dairi. Sidang dewan tersebut di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani, S.Sos yang di dampingi oleh Wakil Ketua DPRD Dairi Wan September Situmorang.

(BD.007)

Pos terkait