Bupati Buka Peningkatan Kapasitas PKK

BINTUNI | Bongkarnews.com – Bupati Teluk Bintuni, Ir Petrus Kasihiw MT membuka kegiatan peningkatan kapasitas TP-PKK Kabupaten Teluk Bintuni di aula Sanggar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Selasa, (28/8).

Bupati Teluk Bintuni yang juga sebagai penyantun TP-PKK mengungkapkan, gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga yang disingkat PKK adalah gerakan nasional dalam Pembangunan masyarakat yang tumbuh dari masyarakat bawah dan penggelolaanya dari, oleh, serta untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman, maju, mandiri, sehat dan sejahtera.

Bacaan Lainnya

Pengurus PKK perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan agar dalam melaksanakan tugas, baik PKK tingkat kabupaten maupun PKK tingkat Distrik yang merupakan ujung tombak sampai kepada PKK tingkat kampung dari 24 Distrik difinitif 4 Distrik pemekaran sampai dengan 115 kampung definitif.

Lanjut Bupati, tujuan pelatihan peningkatan kapasitas PKK dilaksanakan agar pengurus PKK siap melaksanakan tugas, baik sebaik pengurus PKK kabupaten maupun tingkat Distrik. Serta para kader PKK agar selalu bertanggung jawab untuk menindaklanjuti program PKK terutama dapat mampu merealisasikan dan menjabarkan 10 pokok program PKK sampai ke tingkat kampung.

Khusus bagi para ketua tim Penggerak PKK Distrik agar setelah dari pelatihan hari ini agar segera melantik pengurus PKK dtingkat Distrik dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Untuk para Kepala Distrik, agar program PKK Distrik harus mendapatkan prioritas anggaran yang jelas dan pasti berdasarkan aturan yang berlaku, agar PKK Distrik dapat membina PKK kampung serta melantik PKK Kampung dengan tidak menunggu tapi segera.

Pelatihan ini tidak saja pada 10 program PKK,akan tetapi lebih kepada bagaimana ibu-ibu dapat tampil percaya diri untuk tampil di masyarakat dengan memiliki kepribadian yang ber-wibawa dan ber-kualitas di semua segi kehidupan sampai dengan yang terkecil yaitu, keluarga.

“Saya berharap, dengan selesainya ibu-ibu para peserta mengikuti pelatihan ini, pasti ibu-ibu akan memiliki kemampuan dan ilmu pengetahuan yang positif dan menambah motivasi dalam melaksanakan tugas yang menjadi tangungg jawab ibu-ibu agar lebih baik dan tentunya ada perubahan pada diri ibu-ibu dari sebelum mengikuti pelatihan ini,” harap Bupati.

Pelatihan kapasitas ini dianggarkan lewat DPA Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung.Kegiatan berlangsung selama dua hari dari tanggal 28 — 29 Agustus 2018. Para peserta, terdiri dari para Kadistrik, Ketua Organisasi Wanita, Kader Kader PKK Se-Kabupaten Teluk Bintuni dan pengurus PKK tingkat Distrik.

Para Narasumber yang memberikan materi diantaranya, Dra Iren Laura Simanjuntak. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Lince Idorway SH MH AP Kawab (Wakil Pokja III). Dua hari kegiatan terebut selain materi juga praktek. (MPKK).

Pos terkait