Bupati Bireuen Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Ketua TP PKK Gampong

Bireuen-Pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Gampong se Kabupaten Bireuen, kembali digelar di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Jum’at malam (30/10) yang angkatan ke dua ini, di buka dengan resmi Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH, M.Si.

Dalam Bimtek angkatan ke satu di buka dengan resmi istri Plt Gubernur Aceh, Dr Dyah Idawati, MT ditempat yang sama, Minggu (25/10), yang penutupan dilakukan Istri Bupati Bireuen, Hj Nurjannah Ali, SE, MM yang turut hadir Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH, M.Si, Kepala BPMGPKB Kabupaten Bireuen, Mulyadi, SH, serta Direktur Lapenkapi Bireuen, Dr Cut Khairani, M.Si. Berkaitan dengan Bimtek tersebut, Ketua TP PPK Kabupaten Bireuen itu, Hj Nurjannah mengapresiasi lima Camat dan Geuchiek atas kehadirannya ke Banda Aceh untuk mendampingi ibu-ibu ketua PKK Gampong.

Bacaan Lainnya

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH, M.Si mengemukakan dihadapan peserta bimtek, bahwa PKK memiliki peranan penting dalam mengisi pembangunan dan jika TP-PKK berfungsi, tentu akan akan dapat berperan mendukung tugas bapak bapak Geuchik dalam membangun desanya masing-masing. “Salah satunya, menghidupkan program dan kegiatan PKK Gampong yang lebih efektif yang berguna dalam pembangunan desa.” urainya .

Sinergitas program PKK, sebut Bupati Muzakkar, sangat terkait dengan program-program lainnya, yang dinilai penting dalam mewujudkan desa yg mandiri dan makmur. “Banyak sekali program program dan kegiatan PKK, tertipnya administrasi desa ataupun tertipnya PKK itu sendiri, tentu dalam kebijakan desa, dalam hal pencegahan stunting, pencegahan covid 19, budi daya tanaman rumah tangga seperti, hidroephonic, bordir, dan program program lain,”ujar Muzakkar.

“Jika setiap rumah di Kabupaten Bireuen jika ibu-ibu PKK dapat berperan dengan baik di gampongnya masi-masing, maka hampir dapat dipastikan, ekonomi keluarga dapat tumbuh dengan baik, yang pada akhirnya ekonomi masyarakat Bireuen, diyakini akan meningkat pula,” sebut Bupati Muzakkar

Selain itu, sebut bupati, ibu-ibu PKK harus mampu menghadirkan sajian makanan yg halal, dan baik buat kesehatan, agar mendapatkan anak yg bersih jiwanya. Bersih jasmaniah bersumber makanan yg halal, dan baik buat kesehatan, sehingga dengan pola asuh makanan dan kesehatan yg baik akan mendapatkan manusia yang sehat, untuk nantinya rata usia orang Aceh di atas rata-rata nasional. “Ini tentu saja peran dan fungsi TP PKK, bersama keuchik sudah dilaksanakan dengan baik,” pungkas Bupati Muzakkar.

Dalam acara pembukaan bimtek angkatan kedua itu, turut menghadiri, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, dan Keluarga Berencana (BPMG-PKB) , Camat Simpang Mamplam, Azhari, Camat Peusangan Siblah Krueng, Hendri Maulana yang didamping Ketua TP PKK kecamatan masing-masing.

Pelaksanaan Bimtek yang digagas Lapenkapi Bireuen dikenal satu lembaga yang diakui legalitasnya, karena terbentuk berdasarkan penelitian dan kajian. Sedangkan pemateri yang dihadirkan, pemateri yang memiliki disiplin ilmu yang erat hubungannya dengan kesejahteraan keluarga, seperti pemateri utama, Dr Dyah Idawati, MT, sekaligus Ketua TP PKK Propinsi Aceh, yang tampil sebagai pemateri utama yang mengupas habis fungsi PKK Gampong/Desa.

Selain itu, dalam bimtek tersebut hadir pula pemateri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen, maupun pemateri dari Aceh lainnya. Seperti halnya, dalam bimtek angkatan ke satu, dalam bimtek angkatan ke dua ini, juga menghadirkan pemateri yang berkualitas yang sesuai dengan keilmuannya, yang tentu saja pemateri tersebut, memiliki tanggung jawab secara moral dan secara keilmuannya. Jadi yang disampaikannya itu, bukan sekedar informasi, namun sebaliknya menjadi bagian pencerahan untuk para peserta dari kalangan ibu-ibu PKK Gampong.(Maimun Mirdaz).

Pos terkait