BI Wilayah Sumut Resmikan Kas Titipan di Kabanjahe

MEDAN, BN

Kas titipan merupakan kegiatan penyediaan uang rupiah milik Bank Indonesia (BI) yang dititipkan kepada salah satu bank yang mencukupi persediaan kas perbankan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat di suatu wilayah atau daerah tertentu.

Kepala Kantor BI Wilayah Sumut, Arief Budi Santoso mengatakan tujuan kas titipan adalah mencukupi persediaan kas perbankan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang rupiah yang layak edar didaerah-daerah yang jauh dari kantor Bank Indonesia.

“Manfaat kas titipan adalah perbankan memiliki ketersediaan uang rupiah yang layak edar, yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang rupiah, “katanya di Kantor BRI Kabanjahe dalam peresmian kantor kas Titipan Kota Kabanjahe, Kamis kemarin.

Selain itu, kas titipan ini juga sangat bermanfaat sebagai pengelolaan kas yang efisien, aman, dan optimalisasi kas diperbankan. “Dengan kas titipan yang kita tunjuk di BRI Kabanjahe Tanah Karo ini, agar meningkatkan perekonomian di daerah Kabanjahe ini,” katanya.

Diharapkan pembukaan kas titipan di BRI Kabanjahe ini, lanjutnya,  dapat dimanfaatkan secara baik dan optimal serta dapat mendukung kelancaran sistem pembayaran di masyarakat Kabanjahe.

Pada kesempatan tersebut juga diadakan Mou antara bank PT BRI (Persero) sebagai pengelola dengan 9 bank peserta kas titipan, yakni BRI KC Kabanjahe, BRI KC Sidikalang, BRI KC Kutacane, Bank Sumut KC Sidikalang, Bank Sumut KC Kabanjahe, Bank Syariah Mandiri KC Kabanjahe, Bank Mandiri KC Kabanjahe, Bank Aceh Kutacane dan BNI KC Kabanjahe. Adapun jumlah kas titipan di Provinsi Sumuatera Utara sebanyak 6 yaitu di Nias/ Gunung Sitoli, Balige, Padang Sidimpuan, Rantau Prapat, Tebing Tinggi dan Kabanjahe. Sedangkan kas titipan kabanjahe merupakan kas titipan kedua yang dibuka oleh kantor perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara. Sebelumnya  telah membuka kas titipan di PT BNI KC Tebing Tinggi. Hadir pada peresmian kas titipan tersebut, diantaranya wakil bupati Karo Cory S Sebayang, Kapolres Karo AKBP Rio Nababan, pimpinan BRI Wilayah Medan Frans Hari Sistiyasta dan para undangan lainya. (AHS)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *