BAPENDA Lamtim Genjot PAD di Berbagai Sektor Melampaui Target 154 Persen

SUKADANA | bongkarnews.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Lampung Timur terus menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dari berbagai sektor, sehingga melampaui target alias melebihi target.

Alhasil, mulai awal triwulan dua tahun anggaran 2019 sudah ada yang melampaui target yang telah ditentukan, Seperti sektor pajak Bea Balik Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Kepala Bapenda Lampung Timur, Senen Mustakim menjelaskan sejak disahkannya UU nomor 28/2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah (PDRD) dan membahas peraturan daerah (Perda) nomor 1 tahun 2011 tentang Bea Balik Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) langkah untuk mendapatkan hak atas pengalihan tanah dan bangunan pribadi atau perusahaan

“Langkah langkah dilakukan dengan mengajukan langsung objek pajak yang diajukan oleh wajib Pajak bekerja sama dengan camat dan pamong desa lokal,” ujar kepala Bapenda saat membahas wilayah Kecamatan Jabung didampingi Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Bapenda Ahmad Fauzi dan Camat Jabung Hendri Gunawan serta pamong desa Senin, (13/05/2019).

Hal itu terbukti cukup efektif, bahkan dengan melampaui target dari yang dianggarkan Rp.1 miliar terealisasi Rp1.549.928.400 atau 154 persen.

“APBD perubahan 2019 ini target pajak BPHTB naik sebesar Rp.3 miliar. Mudah-harapkan target itu bisa terealisasi mengingat minat investor di Kabupaten Lampung Timur semakin bertambah,” Ungkapnya.

Secara umum mengenai pendapatan daerah secara grafik juga terus naik secara signifikan dari tahun ke tahun. Misal nya, PAD dari tahun 2015 sebesar Rp.90 miliar, tahun 2016 naik Rp.106 miliar dan tahun 2017 sebesar Rp.120 miliar. Bahkan, tahun 2018 naik lagi menjadi Rp.132 miliar. Teranyar, pada tahun ini (2019) PAD ditargetkan sebesar Rp.139 miliar.

“Kenaikan yang signifikan ini karena kerja sama semua sektor dan khususnya solidnya pegawai pada Bapenda Kabupaten Lampung Timur serta mulainya masyarakat sadar dalam membayar pajak,” imbuhnya.

Senen Mustakim menjelaskan program Bapenda selanjutnya dalam rangka untuk mengupayakan pendapatan daerah adalah memasang tapping box pada objek pajak yang ada di Kabupaten Lampung Timur yang bertujuan untuk mengontrol pendapatan atau omset usaha Wajib Pajak yang ada di Kabupaten Lampung Timur dengan bekerjasama dengan PT. Bank Lampung dan diberikan secara gratis kepada wajib pajak.

“Dengan program ini diharapkan pendapatan daerah di Kabupaten Lampung Timur terus meningkat dan pada muaranya kesejahteraan masyarakat dan pembangunan akan terus meningkat sesuai dengan visi dan misi pemerintah daerah pungkasnya.(Rizky)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *