ASN Pemko Medan Harus Lebih Efektif

Medan ,BN- Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi mengingatkan seluruh Apratur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Medan untuk bisa menyelenggarakan roda pemerintahan dengan lebih efektif, sehingga masyarakat dapat merasakan pelayanan dasar dan pelayanan umum yang lebih baik lagi tahun 2017 ini.

Pesan ini disampaikan Wakil Wali Kota  ketika memberikan arahan pada saat memimpin Upacara Bendera Peningkatan Kesadaran Nasional di halaman depan Kantor Wali Kota Medan, Selasa (17/1). Untuk itulah melalui upacara tersebut, Akhyar menyampaikan  beberapa hal pokok yang harus dilakukan guna meningkatkan kinerja pembangunan  kota dalam tahun ini.

Bacaan Lainnya

Pertama, pesan Akhyar,  seluruh ASN harus mengawali tahun 2017 ini  dengan membawa spirit dan semangat baru untuk bekerja lebih baik lagi, sehingga dapat melaksanakan tugas optimal secara lebih optimal. Kedua, lebih berinteraksi dengan seluruh stakeholder kota dalam bekerja supaya program-program kerja yang dijalankan didukung masyarakat luas.

Selanjutnya yang ketiga, Akhyar minta agar seluruh ASN lebih meningkatkan koordinasi efektif, khususnya diantara SKPD agar dapat bekerjasama satu dengan lain, saling membantu serta bekerjasa secara tim.

“Yang keempat,  semua harus responsive terhadap berbagai perubahan yang terjadi di tengah lingkungan supaya dapat mengantisipasi sekaligus menyesesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi, terutama terhadap tuntutan penyelengggaraan pemerintahan yang semakin partisipatif, transparan dan akuntabel,” kata Akhyar.

Sedangkan terakhir yang tak kalah jauh pentingnya, tegas Akhyar,  harus terus meningkatkan serta memperkuat mental dan karakter sebagai ASN, sehingga tetap kokoh dan lebih kuat untuk menyelenggarakabn tupoksi SKPD dengan sebaik-baiknya.

Menurut Akhyar, pesan ini disampaikan  untuk menyikapi masih adaya keluhan bahwa Pemko Medan terkesan sedikit terlambat dalam melaksanakan program kerja yang sudah ditetapkan dalam APBD. Atas dasar itulah, mantan anggota DPRD Medan ini berharap agar pesan yang disampaikannya ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Di samping itu tambahnya lagi, seluruh SKPD segera melakukan langkah-langkah persiapan yang terkoordinasi agar dapat melaksanakan program kerja SKPD dalam tahun 2017. ASalah satu yang harus segera dipersiapkan yakni proses pengadaan barang dan jasa. Hal itu penting dilakukan supaya rencana kerja yang sudah ditetapkan dapat diimplementasikan. Dengan demikian masyarakat dapat merasakan manfaat pemabngunan secara optimal.

“Harapan saya, pengembangan kelembagaan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan nantinya dapat lebuih memperkuat seluruh SKPD dalam menyelenggarakan tupoksinya sebagaimana harapan masyarakat,” harapnya.

Upacara Bendera Kesadaran Nasional ini turut dihadiri Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis, Staf Ahli Walikota,  asisten, pimpinan SKPD,  camat, lurah serta ASN di Lingkungan Pemko Medan.

Di penghujung arahannya, Akhyar kembali mengingatkan agar seluruh ASN untuk selalu meningkatkan kesadarannya, khususnya kesadaran tentang kedudukan, fungsi  dan tanggung jawab sebagai abdi negara dan abdi masyarakat sebagaimana isi Panca Sapta Prasetya Korpri yang selalu diucapkan bersama-sama pada upacara bendera.

“Oleh karena itu saya berharap sekali upacara bendera yang kita lakukan pagi ini harus dapat memberikan spirit bagi kita semua sebagai ASN guna meningkatkan komitmen untuk bekerja lebih bagus lagi, dan lebih baik lagi pada masa yang akan datang,” kata Wakil Wali Kota.(ft)

 

 

Pos terkait