Akhyar Tinjau Pendangkalan Drainase Di Medan Marelan

MEDAN I bongkarnews.com-  Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau drainase Abdul Manaf di Jalan Titi Pahlawan, Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan, Minggu (20/9) jelang siang. Peninjauan dilakukan untuk menindaklanjuti keluhan warga terkait pendangkalan drainase yang terjadi selama ini. Akibatnya setiap kali hujan deras turun, drainase tidak mampu menampung debit air  sehingga melimpah dan menggenangi jalan maupun rumah warga sekitar.

Akhyar tiba di lokasi sekitar pukul 11.30 WIB. Usai turun dari mobil, Akhyar kemudian melihat langsung kondisi drainase didampingi Camat Medan Marelan M Yunus. Dari atas jembatan, Akhyar pun melihat sejumlah lokasi yang mengalami pendangkalan akibat tingginya sendimentasi lumpur yang telah bertumpuk selama bertahun-tahun. Pendangkalan itu menyebabkan volume drainase jauh berkurang sehingga tidak berfungsi maksimal untuk menyalurkan air.

Bacaan Lainnya

Setelah melihat titik drainase yang mengalami pendangkalan, Akhyar kemudian memfotonya dengan menggunakan kamera ponsel. Menurut Akhyar, hasil foto itu selanjutnya akan diteruskan kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan untuk ditindaklanjuti. “Setelah foto ini dikirim, Dinas PU segera menindaklanjutinya. Dengan foto ini, Dinas PU dapat mengetahui titik-titik mana yang mengalami pendangkalan cukup parah,” kata Akhyar.

Dari hasil peninjauan yang dilakukan, Akhyar mengakui kondisi drainase saat ini cukup parah akibat sendimentasi yang terjadi. Pengorekan harus segera dilakukan untuk mengatasi banjir yang selama ini terjadi,” ungkapnya.

Dalam melakukan pengorekan, Akhyar mengatakan, Dinas PU nanti akan dibantu jajaran    Kecamatan Medan Marelan sehingga pengorekan lebih cepat dan memberikan hasil maksimal. “Semoga dengan pengorekan yang dilakukan mampu mengatasi keluhan warga  sekitar,” harapnya.

Usai melakukan peninjauan, Akhyar pun sempat berkomunikasi dengan warga sekitar. Dari hasil dialog singkat yang dilakukan,  warga sekitar berharap pengorekan segera dilakukan, sebab mereka mengaku sudah lelah dengan banjir yang acap kali menerpa setiap hujan deras turun. “Tolong Bapak Plt Wali Kota agar pengorekan dapat dilakukan secepatnya,” ungkap salah seorang warga.

Camat Medan Marelan M Yunus mengatakan, seluruh jajarannya siap membantu Dinas PU mengorek drainase Abdul  Manaf tersebut. “Seluruh personel P3SU akan kita turunkan untuk mendukung pengorekan. Semoga pengorekan yang dilakukan nanti dapat mengatasi banjir yang selama ini terjadi,” jelas Yunus.(ft)

Pos terkait