50 Orang Keracunan Usai Santap Sate

GAYO LUES | bongkarnews.com – Sebanyak 50 warga Kecamatan Blang Pegayon mengalami keracunan makanan sehingga harus mendapatkan perawatan medis. Keracunan diduga akibat makan sate di Los Cinta Maju, Blang Pegayon, Sabtu (1/2/2020) lalu.

Camat Blangpegayon, Suardi SH, ketika dikonfirmasi, Selasa (04/02) membenarkan masyarakatnya keracunan akibat makanan yang diduga akibat makan sate di Los Cinta Maju saat pekan Sabtu. Dari hasil laporan yang diterima, rata-rata yang mengalami keracunan orang dewasa dengan gejala mumen.

“Data yang kami terima ada sekira 50 orang yang sakit perut dan muntah, di RSUD (Pangur/Red), dirawat 10 orag dan 4 orang dirawat di klinik Tanoh Gayo, ini masih sementara,” ujar Suardi.

Ketika ditanyai apakah ada kemungkinan saat pekan berlangsung para korban membeli sate di tempat yang sama sehingga menyebabkan keracunan massal. Camat menyebutkan, kemungkinan ada, karena pekan cinta Maju tergolong kecil, dan yang jualan sate hanya satu orang.

Diduga, para korban semua makan sate di sana, sebagian ada yang makan sate di rumah, sehingga dalam satu keluarga ada 3 yang keracunan termasuk anak-anak.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan, Purnama Abadi mengaku akan menurunkan tim dari Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Puskesmas Cinta Maju untuk melakukan analisis apa penyebab keracunan, serta akan mencari tahu bahan makanan yang digunakan penjual sate tersebut.

“Insya Allah pagi ini akan turun tim dari Dinkes yang bekerja sama dengan Puskesmas Cinta Maju untuk menganalisa apa penyebab keracunan tersebut. Tentang adanya korban, sementara sudah dirawat di RSUD Mhd Ali Kasim dan Klinik Tanoh Gayo. Kita juga akan mencari bahan makanan apa yang digunakan, sehingga menyebabkan keracunan,” tandas Purnama Abadi. (JAMALUDDIN.P)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *