Wali Kota Pematangsiantar Ikuti Acara Opening Ceremony dan Webinar Sinergi Pemulihan Ekonomi Sumatera Utara

  • Whatsapp

SIANTAR I – bongkarnews.com- Untuk mempercepat pertumbuhan Perekonomian Provinsi Sumatera Utara 2022 Gubernur mengajak kepala daerah untuk bersinergi Mempercepat Pemulihan Ekonomi Sumatera Utara” melalui WEBINAR Perekonomian Jumat (09/7/2021) pukul 08.30 Wib Di Ruang Command Center.

Wali Kota Pematangsiantar Dr. H. Hefriansyah, SE, menerangkan berdasarkan analisis resiko sektor perekonomian Sumatera Utara, sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, dan perikanan menjadi sektor dengan resiko penularan covid-19 terendah. Namun memiliki dampak perekonomian tertinggi. Termasuk di dalamnya tanaman pangan, tanaman perkebunan, dan peternakan.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya Wali Kota Pematangsiantar Dr. H. Hefriansyah, SE, MM menerangkan sektor dengan dampak perekonomian tertinggi namun resiko penularan medium antara lain Industri Makanan dan Minuman, Konstruksi, Angkutan Darat, Real Estate, dan Perdagangan. Secara regional, pemulihan ekonomi juga terjadi di Sumatera Utara, yang pada tahun 2020 tercatat kontraksi sebesar 1,07%, lebih baik dibandingkan ekonomi nasional yang terkontraksi sebesar 2,07%. Pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara tidak terlepas dari struktur perekonomian yang didominasi oleh lapangan usaha pertanian, termasuk perkebunan yang pada tahun 2020 tercatat mengalami pertumbuhan 1,95% dengan distribusi mencapai 21,33 persen dari total PDRB Sumatera Utara.

Dengan melihat kondisi tersebut, kiranya keyakinan akan pemulihan ekonomi yang lebih tinggi di Sumatera Utara dapat tercapai apabila kita dapat memanfaatkan momentum kenaikan harga berbagai komoditas ekspor, seperti CPO, Karet, Kopi, dan lain-lain. Ditopang dengan kepatuhan terhadap penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 dan percepatan vaksinasi yang merupakan game changer dari upaya pemulihan ekonomi nasional.
Oleh karena itu Dr. H. Hefriansyah, SE. MM berharap melalui Seminar Outlook Perekonomian dengan thema Sinergi Mempercepat Pemulihan Ekonomi Sumatera Utara ini, dapat mendorong optimisme pemulihan ekonomi di Sumatera Utara dengan optimalisasi sektor-sektor yang kontributif terhadap perekonomian di daerah dengan produktif, dan tetap memperhatikan resiko penularan covid-19 dapat tercapai.

” Maka dari itu saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Pematangsiantar menyambut baik kegiatan ini. Dimana dalam acara ini diisi oleh narasumber yang merupakan pakar dan ahli di bidangnya, yang akan membicarakan bagaimana mensinergikan kebijakan di tingkat nasional dan daerah untuk pemulihan ekonomi di Sumatera Utara. Dalam hal ini tentu saja mencakup Kota Pematangsiantar “,  ujarnya.

Selain itu Wali Kota Pematangsiantar Dr. H. Hefriansyah, SE, MM juga mengatakan bahwa Pemerintah Kota Pematangsiantar sejauh ini masih terus berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang sangat mengganggu tatanan kehidupan di masyarakat. “Saya mengharapkan Webinar ini dapat memberi kontribusi nyata kepada masyarakat untuk pemulihan ekonomi. Sehingga bisa mewujudkan Kota Pematangsiantar yang Mantap, Maju, dan Jaya” .

Turut hadir Wali Kota Pematangsiantar Dr. H. Hefriansyah, SE, MM, Asisten II Zainal Siahaan, SE, MM, Kepala perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar Edhi Rahmanto Hidayat, Kepala perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara Soekowardojo (Narasumber), Guru besar Fakultas Pertanian Universitas Lampung Prof. Dr. Bustanul Arifin, M.Sc (Narasumber), Guru Besar Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Prof. DR. Ramli, SE. MS (Narasumber), Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Sumatera Utara, Tomi Wistan (Narasumber), Plt. Kadis Kominfo Drs. L Pardamean Manurung, Kabag Perekonomian Hendra TP Simamora, S.STP, Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Mardiana, SH serta beberapa perwakilan OPD terkait di jajaran Pemerintah Kota Pematangsiantar.(ep)

Pos terkait