Status KEK Batam, “Dalam Polemik”

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo.

BATAM | Bongkarnews.com – Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menyebutkan kebijakan Batam sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Batam masih bisa diubah. Hal ini terkait dengan keluhan sejumlah pengusaha.“Ini (transformasi FTZ ke KEK) suatu yang bisa dibahas. Mengapa Pak Menko Perekonomian (Darmin Nasution) mau dialog, karena ia mau mendengarkan,” kata Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo di Sekupang, Minggu (27/5/2018).

Lukita berpendapat bahwa UU saja bisa diubah. Apalagi hanya suatu kebijakan yang masih dalam tahap perumusan.

Bacaan Lainnya

“Pengusaha memiliki alasan masing-masing, makanya nanti DK akan berdialog, beberapa waktu lalu sudah dijadwalkan cuma ditunda,” jelasnya.

Dalam polemik tranformasi Batam dari Free Trade Zone (FTZ) ke KEK, pihaknya hanya sebagai salah satu bagian dari pemerintah pusat.

“DK sudah memberi arahan ke kami dan yang itu sering disebut teman-teman di Pemko bahwa tugas BP adalah mentransformasi FTZ ke KEK,” ucapnya.

Ia menyadari perubahan pasti selalu pro dan kontra di baliknya. Apalagi transformasi ini juga menyangkut kepentingan pengusaha dan calon investor di Batam.

Ia menyampaikan kajian KEK ini harus benar-benar dimatangkan. BP bertugas merencanakannya dan kemudian menyerahkan pandangannya ke tim teknis DK untuk dimatangkan.

“Hal-hal apa yang akan terjadi di KEK nanti atau apakah pelaksanaannya dilakukan dalam waktu dekat atau tidak. Disitulah tugas kami sebagai pelaksana kebijakan DK,” katanya.

Namun, sebelum benar-benar dimatangkan, sudah sepantasnya pelaku usaha di Batam dilibatkan untuk mendengarkan pandangannya.

“Saya akan dorong tim teknis untuk mengundang pihak-pihak terkait untuk membahas ini,” ucapnya.

Sebelumnya sejumlah organisasi pengusaha menolak pemberlakuan KEK di Batam. Saat ini pemerintah pusat tengah menggodok aturan mengenai KEK Batam tersebut.

Hanya saja, para pengusaha menilai perubahan status Batam dari Free Trade Zone (FTZ) menjadi KEK sangat merugikan dari berbagai sektor.(r)

Pos terkait