Petrus Kasihiw Jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan

BINTUNI | Bongkarnews – Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni Papua Barat, menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November ke-73 di Lapangan Atletik GSG kali Kodok Bintuni, Senin (12/11/2018).

Bupati Kabupaten Teluk Bintuni Ir Petrus Kasihiw MT bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Bacaan Lainnya

Dalam amanatnya Ir Petrus Kasihiw MT sebagai pembina upacara membacakan pidato dari Menteri Sosial.

Peringatan hari Pahlwan 10 November bukan semata sebuah acara, namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi.
Setiap peringatan hari pahlawan harus dapat mengali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai nilai Kepahlawanan dalam hidup sehari hari.

Hal ini sangat penting karena nilai Kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotism dalam membangun bangsa Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan Petrus Kasihiw, pada tema hari Pahlawan tahun 2018 ini adalah, “Semangat Pahlawan di Dadaku” yang mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai nilai Kepahlawanan.

“Oleh karenanya sipapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Indonesia tanpa terkecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara”.

Peringatan hari Pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia secara khusus di Kabupaten Teluk Bintuni untuk intropeksi diri.Samapi seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai nilai Kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara kesatuan Republik Indoensia yang sejahtera, adil dan makmur

“Ditegaskan Petrus Kasihiw, setiap zaman pasti ada Pahlawanya dan setiap Pahlawan pasti berkiprah di eranya. Terkait dengan hal tersebut, Bangsa Indonesia memerlukan Pahlawan baru,. Indoensia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini. ujar Petrus Kasihiw.

Terlebih lagi dubutuhkan sosok pemuda Indoensia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotism, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan dibidangnya.

Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan Negara lain.

Upacara peringatan hari Pahlawan di hadiri oleh wakil ketua DPRD teluk Bintuni, Dan Topan Sarongallo, ST, Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop, SH., Jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Teluk Bintuni, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Teluk Bintuni, TNI/Polri wilayah Teluk Bintuni, ASN Pemda Teluk Bintuni dan tenaga honorer, pelaksanaan upacara berjalan dengan khidmad.(HS)

Pos terkait