Pemkab Dairi Gelar Pemuktahiran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem

Kegiatan verifikasi dan validasi data P3KE menghadirkan narasumber dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) RI, Irwan Suryanto. Peserta seluruh kades/lurah se-Kabupaten Dairi.

Bacaan Lainnya

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu yang diwakili Pj. Sekretatis Daerah (Sekda) Surung CH. L. Bantjin menyampaikan, P3KE ini sangatlah penting dilakukan di Kabupaten Dairi, karena berbicara mengenai data memang harus terus dilakukan pemuktahiran sehingga kita bisa melihat data terbaru. Nantinya data ini sebagai acuan untuk terus melakukan pembangunan.

“Untuk menuntaskan angka kemiskinan di Kabupaten Dairi, pemuktahiran data ini sangatlah diperlukan. Sehingga sesuai instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dapat terpenuhi. Dan juga instruksi Gubernur Sumatera Utara Nomor 400.9.14/7480/2023 tanggal 23 Juni 2023 perihal instruksi melaksanakan target 0% kemiskinan ektrem Tahun 2024 di Sumut, dapat terlaksana,” ujarnya.

Selanjutnya dikatakan Surung, P3KE ini dapat tercapai apalagi seluruh peserta yang hadir berperan aktif dalam melakukan verifikasi dan validasi dengan sungguh-sungguh.

“Kita berharap seluruhnya berperan aktif dan benar-benar melakukan pemuktahiran. Untuk itu, manfaatkan momentum ini sebaik mungkin. Manfaatkan waktu kita ini untuk pemuktahiran angka kemiskinan di desa kita. Karena data yang yang berasal dari desa/kelurahan harus bisa dimanfaatkan, sehingga tingkat ketelitian verifikasi dan validasi sangat dibutuhkan,” ucapnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aryanto Tinambunan SP M.Si, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dairi Dra. Minda Flora Ginting, dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dairi Surung CH. L. Bantjin yang sekaligus menjabat sebagai Pj. Sekda.

(BD.007)

Pos terkait