KPU Sumut Akan Laksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Pilgubsu

  • Whatsapp

Medan  | Bongkarnews.com– Hasil akhir penghitungan perolehan suara pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur yang dilaksanakan pada Rabu 27 Juni 2018 lalu, akan ditentukan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi yang akan dilaksanakan, Minggu (8/7/2018) di Hotel Polonia Medan.

Hal itu dikemukakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Mulia Banurea kepada wartawan, Jumat (6/7/2018).

Bacaan Lainnya

Dikemukakan Mulia, acara rekapitulasi akan dihadiri sejumlah pejabat terkait. Seperti Pj Gubernur Sumut, Kapoldasu dan sejumlah pejabat dari instansi lainnya.

Setelah itu lanjut Mulia, hasil Berita Acara rekapitulasi akan diserahkan kepada perwakilan Pasangan Calon (Paslon), setelah sebelumnya ditandatangani oleh perwakilan (penghubung) pasangan calon, baik nomor satu (Edy Rahmayadi–Musa Rajekshah) maupun Djarot Syaiful Hidayat–Sihar Sitorus) nomor urut dua.

Berkaitan dengan hal itu, lanjut Mulia diberikan waktu 3x 24 jam bagi para Paslon yang kalah, apakah akan melakukan gugatan keberatan  ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kita menunggu sikap dari pasangan calon yang kalah, apakah dapat menerima hasil tersebut atau tidak,kita akan berikan waktu 3×24 jam sebelum menentukan sikap,”ungkap Mulia.

Namun kalau tidak ada gugatan, maka hasil penghitungan tadi akan ditetapkan menjadi hasil akhir. Tapi bila para Paslon yang kalah melakukan gugatan hasil sengketa maka KPU akan menunggu sampai hasil putusan MK keluar.

“Jadi apapun hasil putusan MK itu final dan mengikat, kita akan laksanakan”,tegas Mulia.

Dipaparkan Mulia sesuai aturan PKPU proses di MK berlangsung selama 3 bulan, bila ada putusan yang mengharuskan Pilkada harus diulang, maka akan menjalankan putusan itu.

“Apapun putusan MK kita akan jalankan,jadi kita hanya menjalankan saja,apapun hasilnya”,tegas Mulia.(ndo)

Pos terkait