Keluarga Merupakan Benteng Utama Keberhasilan Suatu Bangsa

MEDAN I bongkarnews.com-“Mencegah lebih baik dari pada mengobati” . Itulah ungkapan yang sering kita dengar. Terciptanya pola hidup sehat di lingkungan tempat kerja, sangatlah diutamakan.

Kebersihan lingkungan berarti keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya; debu, sampah, dan bau.

Bacaan Lainnya

” Menjaga kebersihan lingkungan tidaklah terikat pada tempat dimana kita tinggal, tetapi dimanapun kita berada, maka kewajiban untuk turut menjaga dan merawatnya ” ujar dr Mustafa Kamil Adam Sp PD saat ditemui usai melakukan reses di jln Amaliun kota Matsum , SelasaΒ  (11/7).

Disebutkan hal terpenting dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah untuk tetap membiasakan hal-hal baik seperti kebiasaan membuang sampah pada tempatnya.

Dalam reses di hadapan konstituen anggota DPRD Sumut dari partai Nasdem ini juga menekankan peranan gizi yang baik untuk anak akan memaksimalkan tumbuh kembang pada anak .

Ini menjadi hal yang serius , lanjutnya karena kekurangan gizi atau gizi kronis akan mengakibatkan stunting atau kondisi gagal tumbuh pada anak balita

“Karena persoalan gizi anak sangat menentukan kualitas generasi penerus bangsa. Indonesia akan maju jika memiliki sumber daya manusia (SDM) yang unggul sehingga isu perbaikan gizi anak harus menjadi prioritas,” sambungnya.

Kemudian, penting bagi orangtua menciptakan kestabilan dalam keluarga, dengan pengelolaan emosi yang tepat. Sehingga, walaupun ada banyak persoalan yang dihadapi, termasuk menghadapi anak yang berbuat salah, orangtua tetap dapat berusaha untuk tenang dan melakukan tindakan yang tepat tanpa menghakimi anak.

Lebih jauh anggota dewan dari daerah pemilihan Sumut 1 ( Dapil Sumut 1 ) ini menegaskan keluarga menjadi benteng utama keberhasilan suatu bangsa selain pencegahan penyalahgunaan narkoba pada generasi muda. Asalkan fungsi proteksi terhadap anak atau remaja benar-benar dijalankan. Jangan sampai karena alasan orang tua sibuk, anak akhirnya terjerat dalam dunia narkoba.

” Salah satu jurus membentengi anggota keluarga dari jeratan narkoba adalah dengan memberikan pendidikan agama sejak usia dini. Melalui pendidikan agama, ketika sang anak tumbuh dewasa bisa memikirkan setiap tindakan yang akan dilakukan dengan benar dan tidak berjalan di jalan yang sesat “, ujarnya.

Selain itu, kata dia, orang tua juga wajib menjalin hubungan yang harmonis dengan anak. Orang tua juga harus memberikan contoh yang baik kepada anaknya. Memberikan pengetahuan terhadap anak usia dini tentang jenis-jenis narkotika, dan dampak negatif yang ditimbulkan narkoba.

“Orang tua punya peran yang sangat besar dalam mendidik, mengajar, membimbing, membina, dan membentuk anak-anaknya. Karena hasil penelitian, anak-anak penyalahguna narkoba pada umumnya adalah berasal dari keluarga yang kurang harmonis”, ujarnya mengakhiri.

Tampak hadir dalam reses perangkat kelurahan , kepala lingkungan , tokoh pemuda , masyarakat dan kader partai Nasdem.

Pelaksanaan reses diakhiri dengan pemberian bantuan sembako danminyak goreng kepada warga yang antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Pos terkait