Kapolres Simalungun Hadiri Perayaan Natal Oikumene 2023 Forkopimda

SIMALUNGUN | bongkarnews.com Suasana penuh keakraban dan kebersamaan mewarnai Lapangan SD Percontohan Tiga Balata, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun, pada Rabu (27/12). Bertempat di lapangan yang luas dan terbuka, ratusan warga bersama para pemimpin daerah berkumpul untuk merayakan Natal Oikumene 2023 yang mengusung tema “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” beserta subtema “Melalui Perayaan Natal Kristus Tahun 2023 Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Simalungun bersama Memuliakan Allah dan Siap Marharoan Bolon (Bergotong Royong) dalam Damai Mewujudkan Hidup yang Sejahtera.”

Acara yang dihadiri oleh Kurang lebih 1.300 orang ini berlangsung mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB, diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan yang mengangkat nilai-nilai kerukunan dan kesejahteraan. Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., turut serta dalam perayaan yang dilakukan bersama Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, Sh., MH, Wakil Bupati H. Zonny Waldi, S.Sos., MM, Sekretaris Daerah Drs. Esron Sinaga, M.Si, para tokoh agama, dan masyarakat luas.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., mengungkapkan kegembiraannya bisa hadir bersama masyarakat dalam perayaan Natal Oikumene yang meriah ini. Ia mengawali ucapan yang penuh kehangatan.

“Saudara-saudariku yang terhormat, izinkan saya untuk mengucapkan Selamat Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 kepada kita semua. Semoga kedamaian dan sukacita Natal menyertai kita dan membawa harapan baru untuk tahun yang akan datang,” kata AKBP Ronald.

Beliau kemudian menambahkan bahwa kebersamaan dalam perayaan Natal seyogianya selaras dengan nilai-nilai kebhinekaan dan kebersamaan yang telah lama menjadi landasan sosial di Kabupaten Simalungun.

“Kita beruntung berada di Kabupaten ini, di mana keragaman budaya dan agama menjadi simbol kekuatan kita. Mari terus jaga kerukunan dan kesatuan ini, terutama menjelang pemilu 2024 yang sudah di depan mata,” lanjutnya.

Kapolres Simalungun pun menitikberatkan pentingnya menjaga kekondusipan dan keamanan selama masa kampanye dan pemilihan umum, menyerukan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi dengan damai dan bertanggung jawab.

“Saya mengajak kepada segenap elemen masyarakat Kabupaten Simalungun untuk bersama-sama menjaga kondusivitas daerah kita. Jangan sampai euforia demokrasi kita ternodai oleh perpecahan dan kekerasan. Pesta demokrasi adalah pesta rakyat, dimana setiap suara dan pilihan kita adalah untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama,” tegas AKBP Ronald.

Dalam akhir sambutannya, Kapolres Simalungun mengingatkan bahwa kepolisian setempat siap bekerja sama dengan semua pihak untuk memastikan bahwa proses demokrasi berjalan dengan lancar dan aman.

“Polres Simalungun siap bekerjasama dengan seluruh instansi terkait dan masyarakat untuk mengawal proses demokrasi yang aman dan damai. Marilah kita bekerja sama dan saling mengingatkan demi kebaikan bersama. Demi Natal ini, mari kita bangun semangat baru untuk Simalungun yang aman, damai, dan sejahtera,” tutup AKBP Ronald dengan penuh semangat.

Acara berjalan dengan hikmat dan penuh kehangatan, diisi dengan nyanyian dan refleksi bersama tentang pentingnya persatuan dan harmoni di tengah-tengah masyarakat. Para pemimpin dan tokoh masyarakat menyampaikan pesan-pesan yang menyentuh hati, meneguhkan kembali komitmen bersama untuk membangun Kabupaten Simalungun yang damai dan sejahtera.

Uskup Keuskupan Agung Medan, Mgr. Kornelius Sipayung OFMcap, memberikan berkat dan pidato yang mengharukan, menggambarkan Natal sebagai momentum untuk meningkatkan gotong royong dan memperkuat tali persaudaraan. Terlihat pula ketua-ketua organisasi daerah seperti TP PKK dan Dharma Wanita Persatuan yang aktif berpartisipasi dalam acara tersebut.

Kegiatan berakhir pada pukul 14.00 WIB dengan dilanjutkan sesi hiburan yang menampilkan bakat dan kreativitas lokal, menambah kemeriahan perayaan. Selama pelaksanaan, keamanan terjaga dengan baik, memastikan keberlangsungan acara yang aman dan lancar. Dengan perayaan Natal Oikumene ini, Kabupaten Simalungun semakin meneguhkan semangat persatuan di antara keragaman yang ada.(Ep)

#Humas_Polres_Simalungun

Pos terkait