Guru Madrasah dan Pengelola Pesantren Dapat Pelatihan Digital Talent Scholarship Thematic Academy

Dairi I Bongkarnews.com. Setelah beberapa kali mengadakan pelatihan digital bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kali ini Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kominfo Medan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Digital Talent Scholarship Thematic Academy (DTS TA) Tahun 2022 bagi pengelola pesantren, guru dan tenaga kependidikan madrasah di aula SMKN 1 Sidikalang, Selasa (24/05/2022).
Kegiatan ini diselenggarakan selama 4 hari sejak Selasa hingga Jum’at, tanggal 24 hingga 28 Mei 2022.
Dalam arahan sekaligus membuka kegiatan Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan bahwa kepungan teknologi dunia digital pasca pandemi tidak bisa kita bendung. Menurut Bupati, kepungan ini juga berimbas pada dunia pendidikan yang mengharuskan anak didik belajar secara daring menggunakan gadget.
“Kita tidak ingin anak kita tersesat di tengah kepungan ini. Teknologi digitalisasi memang menarik, namun akhlak yang baik sangat penting di tengah pemanfaatan digital itu sendiri. Anak-anak kita tetap bisa menikmati digitalisasi itu namun akan tetap tekontrol dengan baik berkat peran guru, dan tenaga kependidikan di pesantren dan madrasah,” ujar Eddy Berutu.
Dijelaskan Eddy Berutu, pelatihan ini untuk pendampingan bagi guru dan tenaga pengajar khususnya madrasah dan pesantren agar makin efektif mengarungi dunia digital, sekaligus agar proses belajar mengajar itu bisa lebih efektif, karena konsep digitalisasi ini menurut bupati lebih mudah dimengerti karena memiliki audio visual serta interaksi.
“Kita bersyukur ada kementerian kominfo dalam hal ini BPPSDM Kominfo Medan yang memberi ruang itu. Ini sangat membantu, karena kalau pemerintah kabupaten saja yang mengadakan ini akan sangat berat, karena ilmunya memang baru, teknologi baru dan SDM nya pun besar. Semoga ini bisa dimanfaatkan oleh peserta,” kata Eddy mengakhiri.
Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Kominfo, Aryanto Tinambunan, Kepala dinas Pendidikan Fatimah Boang Manalu, Perwakilan Kepala BBPSDM Budiman.(BP.007)

Pos terkait