Fokus Sektor Pertanian Bupati Pakpak Bharat Bagikan Alsintan Kepada Sejumlah Kelompok Tani

PAKPAK BHARAT | bongkarnews com : Dibawah kepemimpinan Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, bekerja keras untuk meningkatkan sektor pertanian masyarakat dengan membagikan sejumlah Alat Mesin Pertanian (Alsintan) bagi kelompok tani.

Bantuan bagi masyarakat yang bergelut dibidang sektor pertanian diperkirakan sudah mencapai 10 miliyar. Dana bantuan tersebut bersumber dari bantuan pemerintah pusat dan Provinsi Sumatera Utara berupa alsintan, bibit, pestisida, pupuk dan bahan lainnya.

Bacaan Lainnya

Demikian disampaikan Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, saat penyerahan sejumlah bantuan kepada kelompok tani di Pendopo Bupati Pakpak Bharat, Salak Pakpak Bharat, Senin (13/9/2021).

Kelompok Tani (Poktan) Tani Maju Bersama, Dalanta Merpulung, menerima bantuan dua unit Corn Sheller, sementara Poktan Tani Maju, Persabahan, Nantampuk Emas, Persada, Maju Terus dan Bintang Tani menerima bantuan Cultivator.

Selanjutnya, kelompok tani penerima Hand Sprayer adalah Kelompok Tani Sada Sungkun, Ulang Mahangke, Sada Arih, Arihta, Maju, Merandal dan Mersipekaden.

Dalam arahannya Franc Bernhard Tumanggor mengatakan sesuai dengan visi misinya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat saat ini fokus pada sektor pertanian. Diperkirakan bantuan yang berasal dari kementerian Pertanian dan Pemerintah Provinsi yang sudah masuk ke Kabupaten Pakpak Bharat ditafsir telah mencapai 10 milyar.

“Inilah bantuan yang kita dapat dari kementrian pusat dan bantuan provinsi serta bantuan lainnya jika dinilai sudah mencapai 10 miliyar”, jelasnya.

Franc berharap dimasa pemerintahan sekarang fokus pada sektor pertanian, masyarakat juga diharapkan agar lebih fokus dalam menjalankan pertaniannya sehingga produktivitas pertanian meningkat maka perekonomian dan kesejahteraan petani pun meningkat.

“Bagi kelompok penerima alsintan agar benar-benar memanfaatkan bantuan ini serta merawatnya. Semoga dengan adanya bantuan ini produktifitas pertanian bisa lebih meningkat”, ujarnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Plt. Kadis Pertanian Maringan Bancin, bahwa sejak kepemimpinan Bupati Franc bantuan pertanian yang masuk diperkirakan  sudah mencapai 10 Milyar. Maringan Bancin berharap para penerima kelompok tani dapat memanfaatkan seluruh bantuan tersebut untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Pakpak Bharat.

Sementara itu, salah satu perwakilan kelompok tani penerima bantuan, Judin Berasa dari Kelompok Tani Ulang Mahangke dari Desa Perolihen, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor yang telah membuat kebijakan sehingga para kelompok tani bisa mendapatkan bantuan pemerintah pusat maupun dari pemerintah provinsi.

“Ucapan Terima kasih juga kami sampaikan kepada pemerintah pusat dan pemerintah provinsi semoga bantuan ini bisa meningkatkan produktifitas pertanian kami”, sebut Judin Berasa.

(SpM)

Pos terkait