Eben E Gurning : 27.701 Ton Pupuk Bersusidi Siap Disalurkan

  • Whatsapp

DAIRI | bongkarnews.com – Akhirnya Pemerintah Kabupaten Dairi menerima alokasi pupuk bersubsidi sebanyak 27.701 ton yang siap untuk didistribusikan kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Dairi, hal ini setelah melalui proses yang cukup panjang. Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, melalui Bidang Prasarana Dan Sarana Eben Ebron Gurning mengatakan beberapa hari lalu, bahwa alokasi-alokasi pupuk bersubsidi yang telah didistribusikan sebesar 228.336 ton untuk Provinsi Sumatera Utara.

Dikatakanya, proses pendistribusian pupuk bersubsidi harus sesuai dengan ketentuan undang-undang serta Peraturan Menteri Pertanian No. 01 Tahun 2020 tentang Alokasi dan harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Tahun 2020 juga Permendag No. 15/M–DAG/PER/4/2013 tentang Pengaadan dan penyaluran Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan menyampaikan bahwa distribusi pupuk bersubsidi untuk Kabupaten Dairi telah sesuai dengan keputusan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara No. 521.3/08/09/SAPRA tentang alokasi dan harga eceran tertinggi tahun anggaran 2020. “Jenis pupuk yang akan didistribusikan untuk Kabupaten Dairi antara lain jenis Urea 11.802 ton, SP – 36 2. 450 ton, ZA 2. 916 ton, NPK 6.135 ton dan Organik 4.398 ton.

Petani di Kabupaten Dairi sudah dapat membeli pupuk bersubsidi di kios pupuk yang sudah ditentukan dengan menggunakan Kartu Tani. Demi mempermudah transaksi di Kios untuk mendapatkan pupuk bersubsidi baik petani maupun kelompok tani”, ujarnya.

Terkait perihal petani yang belum memiliki kartu tani dalam penebusan pupuk, Kabid Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian, Ketahan Pangan dan Perikanan mengatakan bahwa petani masih dapat menebus pupuk bersubsidi, namun harus didampingi oleh penyuluh pertanian dan sesuai dengan RDKK serta kios yang telah ditentukan.

“Untuk saat ini kartu tani Nasional telah dibagikan kepada 12 ribu petani maupun kelompok tani yang berada di 4 kecamatan anatara lain Kecamatan Sidikalang, Berampu, Sitinjo, dan saat ini proses penyerahan di Kecamatn Siempat Nempu Hulu di pusatkan di Desa Pandan”, jelasnya.

Terkait dengan pendistribusian pupuk bersubsidi, Gurning mengatakan Tim Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) secara berkala akan melakukan survey distribusi pupuk di kios-kios yang telah ditentukan dan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan akan memerintahkan Petugas Penyuluh pertanian yang akan ditempatkan di kios-kios agar distribusi berjalan lancar.

“Semoga dengan terbitnya SK tersebut, keluhan masyarakat akan ketersediaan pupuk bersubsidi dapat terjawab, sehingga masyarakat yang membutuhkan pupuk lebih mudah memperolehnya terutama pada musim tanam kuartal pertama tahun 2020”, ujarnya. (bd.007)

Pos terkait