Desa Bakal Gajah Siap Ikuti Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi

  • Whatsapp

DAIRI | bongkarnews.com – Desa Bakal Gajah, Kecamatan Silima Pungga pungga meraih juara 1 desa terbaik Kabupaten Dairi dalam Penilaian Lomba Desa Provinsi Sumatera Utara dari 161 desa se Kabupaten Dairi, Kamis (17/6/2021).

Hasil raihan juara pertama tersebut akan menghantarkan Desa Bakal Gajah menjadi utusan ke Penilaian Lomba Desa di Tingkat I Provinsi yang akan bersaing dengan sejumlah desa terbaik dari kabupaten dan kota lain se Sumatera Utara menuju ke tingkat Nasional.

Bacaan Lainnya

example banner

Camat Silima Pungga Pungga Horas Pardede dengan semangat berharap semoga capaian ini bisa ditiru oleh desa-desa lain di Kabupaten Dairi dan terkhusus desa lainnya yang berada di Kecamatan Silima Pungga Pungga yang berada di bawah pimpinannya.

“Mereka cepat menanggapi segala keluhan atau keadaan di masyarakatnya, dan apabila ada permasalahan yang terjadi di desa Bakal Gajah ini, pasti bisa diselesaikan tanpa harus berurusan ke kantor Polisi. Desa ini juga sudah merasakan keuntungan dari BUMDES yang mereka dirikan sebagai contoh BUMDES peternakan ayam mereka”, jelas Horas.

Sementara Reza Pahlevi Lubis Sekretaris Penggerak PKK Sumatera Utara saat ditanyai kriteria apa yang membuat Desa Bakal Gajah menjadi desa terbaik se-kabupaten Dairi menjelaskan, sikap tanggap dari Kades dan aparatnya terhadap apa yang disampaikan masyarakatnya, kemudian selama 4 tahun ini tidak ada masalah yang tidak terselesaikan di desa ini, penyelesaiannya tanpa harus melibatkan kepolisian.

Ditambahkan Reza, penilaian selanjutnya adalah mereka tertib administrasi dan yang terakhir, mereka mempunyai inovasi, contohnya masyarakat kekurangan Gas Elpiji untuk kebutuhan dapur, mereka menyiapkan BUMDES dan membuat pangkalan gas.

Begitu juga keberadaan Depot air minum isi ulang dan dibuatnya lagi BUMDES peternakan ayam potong, itu suatu inovasi, ungkap Reza. Selama pandemi Covid penduduk Desa Bakal Gajah ini tidak ada yang kena dan selalu menjadi desa dengan zona hijau. Itu menjadi satu indikator yang sangat tinggi, dan yang  tadi, beberapa hal tentang kemajuan desa ini sangat signifikan dengan desa-desa lain di sekitarnya”, jelasnya.

Ketua Penggerak PKK Kabupaten Dairi Romi Mariani Simarmata dalam wawancara singkatnya mengatakan rasa bangga atas kemajuan Desa Bakal Gajah dan berharap semoga apa yang sudah dicapai oleh Desa Bakal Gajah bisa menjadi contoh yang baik untuk desa-desa lain yang berada di Kabupaten Dairi.

Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua PKK Kabupaten Dairi Romi Frida Mariani Simarmata, Sekda Leonardus Sihotang, Sekretaris Penggerak PKK Sumut Reza Fahlevi Lubis dan rombongan, Camat Silima Pungga-pungga Horas Pardede, Kepala Desa Bakal Gajah, Babinkamtibmas, Babinsa dan juga beberapa Kepala desa dari desa lain sekitarnya.

(BD.007)

Pos terkait