Bireuen Peringati HKN KE-53, Wabub Sebabai Inspektur Upacara

Bireuen]BN-Pemerintah Kabupaten Bireuen menggelar apel besar memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017yang dipusatkan di Halaman Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen, Senin (20/11).

Dalama event tersebut bertidak sebagai Inspektur UpacaraWakil Bupati Bireuen, DR H Muzakkar A Gani, yang diikuti unsur Forkopimda Bireuen, pejabat SKPA dijajaran Pemkab Bireuen, Para Medis dilingkungan Kadinkes Bireuen, para Mahasiswa Akademi Kebidanan dalam Kabupaten Bireuen, berlangsung dengan khidmat.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A. Gani SH M,Si dalam kesempatan tersebut, membacakan sambutan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, yang mengatakan dalam upaya membangkitkan kembali pesan kesehatan, bahwa sehat itu harus dijaga,dengan cara bergaya hidup sehat. Berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional. Sehingga nantinya, akan terbangun kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan untuk mencapai Indonesia Kuat.

Selain itu, Wakil Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A. Gani SH M,Si menjelaskan tentang keberadaan dan fungsi vital dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau disingkat dengan GERMAS, yaitu suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Dikatakatakn, tujuan GERMAS ini, agar masyarakat berperilaku sehat, sehingga diharapkan berdampak pada kesehatan yang terjaga, terciptanya lingkungan yang bersih, sehingga jika dalam kondisi sehat, produktivitas masyarakat meningkat dan biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat akan berkurang, dengan cara melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Selanjutnya, kegitan apel, turut dirangkai dengan penyerahan penghargaan terhadap pukesmas terakreditasi, Pukesmas berprestasi dan Rumah Sakit swasta terakreditasi, serta penyerahan penghargaan terhadap camat peduli kesehatan dalam Kabupaten Bireuen.

Sementara itu, Kepala dinas kesehatan Bireuen Dr Amir addani M,Kes disela Kegiatan menjelaskan kegiatan apel bersama sekaligus memperingati ini juga warnai dengan berbagai kegiatan lainnya diantaranya, wiried bersama.(Maimun Mirdaz)

Pos terkait