Aksi Perambahan, Akibatkan Air Danau Toba Surut

  • Whatsapp

Pakpak Bharat, BN

Surutnya permukaan air danau toba di Tao Silalahi hingga 5 meter bukti masih maraknya pembalakan liar dikawasan perbukitan hutan sekitar danau toba hingga saat ini. Demikian dikatakan Ketua LSM Peduli Anak Bangsa, Sutan S Sihombing kepada wartawan, Kamis (18/11) di Sidikalang.

Bacaan Lainnya

Menurut Sutan, kalau tidak segera dilakukan penghijauan dikuatirkan akan berdampak semakin menurunnya permukaan air dan mengeringnya aliran sungai-sungai yang mengarah ke danau dan akan menyebabkan rusaknya ekosistem. “Kerusakan habitat bagi satwa, perubahan fungsi hidrologi serta hilangnya kapasitas produktivitas ekosistem sekitar kawasan danau toba”, ujarnya.

Untuk itu diminta kepada ke 7 Kabupaten yang berada di kawasan sekitar danau toba harus segera melakukan penghijauan kembali terhadap kawasan hutan yang gundul akibat pembalakan liar maupun disebabkan kebakaran hutan. “Begitu juga kepada pihak PT Toba Pulp Lestari (TPL) dan PT Inalum harus menjalankan Community Devloment untuk penghijauan dan itu harus dipublikasikan agar transparan”, ujar Sutan.

Sutan juga meminta agar Kerambah Jaring Apung (KJA) yang marak keberadaannya di sekitar perairan danau toba di bersihkan. Karena keberadaannya membuat air danau menjadi kotor dan berbau serta tidak seteril lagi akibat limbah dari pakan ikan. “Akibatnya wisatawan yang berkunjung  ke kawasan wisata danau toba menjadi berkurang”, ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan pemerhati lingkungan Forum Hijau Dairi (FHD), Tito Manik di Sidikalang, menurutnya, Dinas Kehutanan Provinsi belum maksimal dalam monitoring dan penataan hutan lindung di kawasan hutan danau toba. “Seharusnya lebih proaktif agar pembalakan liar tidak terjadi lagi, karena sampai saat ini pembalakan liar masih berjalan dan semakin mengganas”, sebutnya.

Untuk itu, Tito juga mengharapkan kepada Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara agar melakukan meminotoring hutan disekitar perbukitan danau toba khususnya di Dairi  dan lebih tegas menindak pelaku pembalakan yang diduga di bekinggi orang dalam maupun aparat. (bp.007)

Pos terkait