Walikota Siantar Hadiri Penyerahan Bantuan oleh Komunitas Etnis Tionghoa

SIANTAR I bongkarnews.com – Selain kepada para penarik becak bermotor (betor), yayasan/komunitas etnis Tionghoa Kota Pematangsiantar menyerahkan bantuan sembako kepada 725 masyarakat kurang mampu terutama para lanjut usia (lansia). Kegiatan tersebut langsung dihadiri Walikota Pematangsiantar ,H Hefriansyah SE MM, di halaman Yayasan Perguruan Sultan Agung, Jalan Surabaya, Kamis (21/5/2020) .

Sebelum penyerahan bingkisan, Hefriansyah mengucapkan terima kasih kepada yayasan/komunitas etnis Tionghoa yang telah memberikan rasa kepedulian dan kesetiakawanan sosial yang tidak memandang suku, agama, dan etnis dengan membagikan 1.028 paket sembako kepada masyarakat Kota Pematangsiantar yang terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Termasuk kepada 725 lansia.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Hefriansyah, selama kondisi pandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar sudah menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

“Saya telah perintahkan kepada ASN agar mengalokasikan Rp25 ribu untuk masyarakat yang terdampak Covid-19,” terang Hefriansyah di hadapan masyarakat penerima bantuan.

Diakui Hefriansyah, selama ia menjabat Walikota Pematangsiantar, telah melihat dan memerhatikan banyak bantuan sosial yang telah diberikan yayasan/komunitas etnis Tionghoa kepada masyarakat Kota Pematangsiantar. Hal tersebut, menurutnya, menunjukkan Kota Pematangsiantar bukan hanya memiliki toleransi yang kuat, tapi rasa persaudaraan serta kepedulian dengan sesama yang sudah terpatri dalam jiwa dan sanubari bermasyarakat di Kota Pematangsiantar.

“Maka dari itu saya berharap kepada saudara-saudara yang menerima bantuan ini, tolong dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan jangan dilihat besar ataupun banyaknya yang diberikan, namun tanamkan rasa empati dan kekeluargaan kita, agar rasa persaudaraan kita di Kota Pematangsiantar tetap terjaga baik dan harmonis,” kata Hefriansyah.

Dalam kesempatan tersebut, OW Herry Dermawan didampingi Aken Wijaya yang mewakili yayasan/komunitas etnis Tionghoa Kota Pematangsiantar menerangkan, saat ini semua sedang berjuang melawan Covid-19. Munculnya Covid-19, sambungnya, sangat berdampak terhadap kehidupan sosial dan ekonomi di Indonesia, termasuk di Kota Pematangsiantar.

Karenanya, mereka yang tergabung dalam yayasan, sekolah, grup amal, vihara, dan majelis keagamaan Buddha, serta para pengusaha, bersatu dan bekerja sama berbagi kasih dalam bentuk pembagian sembako sebanyak 1.028 paket. Paket Sembako tersebut dibagikan kepada 303 kepada pengemudi betor dan 725 warga kurang mampu dan terdampak pandemi Covid-19 secara sosial ekonomi.

Mereka yang tergabung dalam kegiatan sosial tersebut yaitu DPD Walubi Pematangsiantar, BSS Foundation Pematangsiantar, PC MBI Pematangsiantar, Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI), dan Yayasan Perguruan Sultan Agung Pematangsiantar.

Kemudian, Yayasan Sosial Kemuliaan Moral Pematangsiantar, Majubumi Pematangsiantar, Lions Club Siantar Merdeka, Yayasan Pergurian Buddhist Manjusri, Vihara Dharma Pratharna Pematangsiantar, Perkumpulan Marga Hakka, Hearty Yoga Studio (Ibu & Bapak Sosial), Komunitas Zhen QI, dan Kilang Padi Bonar Jaya.

Dilanjutkan OW Herry Dermawan, tujuan kegiatan tersebut untuk membantu meringankan beban sosial ekonomi masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

“Di sini perlu kami sampaikan bahwa masyarakat yang mendapat bantuan berupa paket sembako adalah masyarakat yang secara sosial ekonomi terkena dampak. Kami memberikan bantuan tidak mengenal suku, ras, dan agama. Hanya satu harapan kami, semoga yang kami lakukan hari ini, meskipun tidak mampu memenuhi semua yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terkena dampak, tetapi paling tidak dapat meringankan beban mereka,” pungkasnya. (ep)

Pos terkait