Wali Kota Gelar Jamuan Makan Malam Dengan Rombongan Sepakbola Pulau Pinang

 

Medan ,BN-Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  menggelar jamuan makan malam dengan tim  sepakbola Pulau Pinang, Malaysia di pendopo rumah dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Sabtu (22/10).  Jamuan ini turut dihadiri Timbalan Ketua Menteri I negeri Pulau Pinang, Datok Mohd. Rashid Hasnon.

Eldin menyampaikan rasa terima kasihnya, sebab rombongan tim sepakbola Pulau Pinang telah mengunjungi Kota Medan dan menggelar pertandingan persahabatan dengan tims epakbola Kota Medan. Meski dalam friendly match tersebut, tim Pulau Pinang yang diperkuat sejumlah mantan pemain nasional Malaysia kalah 1-3 dari tim sepakbola Kota Medan yang diperkuat mantan pemain PSMS dan Medan Jaya.

Menurut Eldin, bukan hasil pertandingan yang diharapkan sebagai out put kunjungan melainkan sebagai bentuk upaya untuk terus meningkatkan tali siturahmi antar kedua kota. Apalagi hubungan kedua kota selama ini sudah cukup erat melalui sister city. “Semoga hubungan persaudaraan  antar aKOta Medan dengan Pulau Pinang semakin erat lagi,” kata Wali kota.

Dihadapan seluruh rombongan, Eldin selanjutnya mengungkapkan  Kota Medan sebagai ibukota provinsi Sumatera Utara terkenal sebagai Indonesia mini karena kompleksitas dan keberagaman suku bangsa yang ada di dalamnya. Sebagai Kota Melting Pot, Eldin bilang Medan sering menjadi barometer yang dianggap menggambarkan situasi di Indonesia.

Meski penduduknya beragam suku seperti Melayu, Jawa, Mandailing, Karo, Nias, Tionghoa, Simalungun, Tapanuli papar Eldin, namun semua hidup berdampingan dengan rukun. Ditambahkannya lagi, agama Islam, Kristen Khatolik, Protestan, Hindu, Budha, Konhucu bahkan sampai kepercayaan seperti Parmalim dan Pemena bisa dengan aman damai menjalankan kewajiban masing-masing tanparasa khawatir sedikit pun.

“Keberagaman ini justru kian memperkaya Kota Medan dengan cirri khasnya masing-masing. Bahkan citra rasa kuliner di kota ini juga merupakan gabungan dari semua suku bangsa yang ada di Kota Medan, sehingga menghasilkan keunikan yang jarang dimiliki kota lain di Indonesia. Oleh karenanya kami sangat mensyukuri atas keberagaman ini,” ungkapnya.

Selanjutnya dengan jarak yang dipisahkan hanya 50 menit perjalanan menggunakan pesawat terbang, Eldin berharap warga kedua kota dapat saling kunjung-mengunjungki, baik untuk menjaga saling bersilaturahmui, berobat, belajar  maupun berwisata. “Semoga semakin banyak warga Pulau Pinang yang datang mengunjungi Kota Medan, begitu pula sebaliknya,” harapnya.

Sementara itu Timbalan Ketua Menteri I negeri Pulau Pinang, Datok Mohd. Rashid Hasnon mengucapkan terima kasih atas jamuan makan malam yang digelar Wali Kota tersebut. Dirinya beserta seluruh rombongan mengaku merasa terhormat dengan sambutan dan jamuan makan malam yang dilakukan Wali Kota tersebut.

Kemudian Rashid mengundang Wali kota beserta jajarannya untuk mengunjungi Pulau Pinang. Dikatakannya, kunjungan balasan itu dapat dilakukan dalam bentuk  melakukan pertandingan olahraga persahabatan seperti yang mereka lakukan selama ini. “Dalam upaya meningkatkan tali silaturahmi, kita sering melakukan pertandingan persahabatan dengan sejumlah kota di negara-negara jiran lainnya,” jelas Rashid.

Acara makan malam bersama ini turut dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar nasution MSi beserta sejumlah pimpinan SKPD. Selain makan malam bersama, juga diisiri dengan silaturahmi dan hiburan. Jamuan makan malam diturup dengan pertukaran cindera mata antara Wali kota dengan Timbalan Ketua Menteri I Negeri Pulau Pinang. (ndo)..file bola

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *