Tuntaskan Dokumen Adminduk, Kadis Dukcapil Dairi Terima 146 Berkas Permohonan Desa Mbinanga

Dairi I Bongkarnews.com. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menerima 146 berkas permohonan pengurusan dokumen kependudukan dari Desa Mbinanga Kecamatan Pegagan Hilir di ruang kerjanya, Dinas Dukcapil Dairi Jl. Pandu Kelurahan Bintang Hulu, Sidikalang,Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi,  Selasa (31/05/2022).

Dokumen permohonan tersebut langsung diserahkan Kepala Desa Mbinanga Wesly Lingga didampingi perangkat dan operator perkebbasnya kepada Kepala Dinas Dukcapil Dairi.

Bacaan Lainnya

Dalam keterangannya, Kadis Dukcapil Dairi mengucapkan terimakasih kepada Kades dengan seluruh jajarannya dalam mendukung program Dairi Unggul melalui penuntasan seluruh dokumen kependudukan warga khususnya warga Desa Mbinanga yang diharapkan secara bertahap dapat menyelesaikan seluruh dokumen warga yang belum lengkap.

“Sesuai kesepakatan kami dengan Desa Mbinanga dalam kegiatan sosialisasi tuntas dokumen adminduk yang dilaksanakan beberapa waktu yang di lalu di Desa tersebut, hari ini kami menerima berkas permohonan untuk kami proses. Kami melihat komitmen yang sungguh-sungguh dari Kepala Desa dengan seluruh jajarannya dalam membantu warganya menyelesaikan dokumen kependudukan,” ujar Kadis.

Dia juga berharap kepada Kepala Desa untuk terus memberikan pelayanan prima kepada Warga Mbinanga melalui pelayanan door to door atau kerumah-rumah warga untuk mengecek langsung dokumen yang belum lengkap atau yang dibutuhkan warga. Dalam pelayanan tersebut juga dilakukan pengumpulan berkas permohonan untuk memenuhi persyaratan yang dibutuhkan.
“Kami juga meminta Kantor Desa dapat menyediakan layanan urusan dokumen kependudukan kepada warga agar warga Mbinanga tidak perlu lagi ke Dinas Dukcapil untuk mengurus beberapa dokumen kependudukan seperti penerbitan Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Pindah, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan dokumen lainnya. Semua dapat diajukan melalui layanan perkebbas. Melalui aplikasi tersebut, Desa dapat mengajukan permohonan dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, tunggu dan hasilnya dapat dicetak di Kantor Desa. Hanya beberapa dokumen seperti Akta Kawin, KTP-el, KIA masih harus mengambil dokumennya ke Dinas Dukcapil,” ungkap Deddy.

Sementara itu, Kades Mbinanga Wesly Lingga mengaku gembira atas pelayanan dan dukungan Dinas Dukcapil dalam membantu warganya menerbitkan dokumen kependudukannya.
“Kami selaku Pemerintah Desa Mbinanga mengaku bangga dan senang atas adanya program ini karena dokumen kependudukan adalah dokumen yang sangat penting dan vital untuk segala urusan saat ini. Tanpa dokumen kependudukan, kita tidak melakukan apa-apa. Makanya kami salut dan mengapresiasi dan siap mendukung visi Dairi Unggul Dr. Eddy Keleng Ate Berutu,” kata Wesly Lingga.

Dalam kesempatan tersebut, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si didampingi pejabat fungsional berfoto bersama dengan Kades Mbinanga Wesly Lingga yang juga didampingi perangkat dan operatornya di depan layanan Dinas Dukcapil Dairi.(BD.007)

Pos terkait