TP PKK Kota Bandung Berguru Dengan TP PKK Kota Medan

MEDAN  | Bongkarnews.com- Ketua Tim Penggerak (TP)  PKK Kota Medan Hj Rita Maharani  SH menerima  kunjungan TP PKK Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat  di Gedung  Serbaguna PKK Kota Medan, Jalan Sei Rotan Medan, Senin  (27/08).  Kedatangan mereka untuk studi banding  terkait 10 Prgram Pokok PKK yang selama ini berjalan dengan baik di Kota Medan. Apalagi Program Usaha Peningkatan Pendapat Keluarga (UP2K) selama ini senantiasa meraih prestasi.

Kedatangan TP PKK Kota Bandung  dipimpin Wakil Ketua TP PKK Kota Bandung  Hj Siti Muntamah Obed M  Daniel didampingi Kadis P3APM Kota Bandung Drs  Dedi Sopandi . Selain Ketuan TP PKK Kota Medan, kedatangan mereka juga ditrima Wakil Ketua TP PKK Hj Nurul Khairani bersama Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat  (P3APM) Kota Medan Damikrot Harahap.

Menurut Hj Siti Muntamah, selain ingin menjalin tali silaturahmi, kedatangan mereka juga ingin mempelajari lebih jauh penerapan 10 Program Pokok PKK. Berdasarkan pengamatan Siti selama ini, TP PKK Kota Medan sudah berhasil menjalankan 10 Program Pokok PKK dengan baik, terutama Program UP2K.

“Kami ingin mendapat masukan dari TP PKK Kota Medan terkait pelaksanaan 10 Program Pokok PKK yang selama ini telah dilakukan. Apalagi TP PKK Kota Medan sering meraih prestasi, khususnya dalam pengembangan Program UP2K. Tentunya semua masukan ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi kami untuk selanjutnya diterapkan di Kota Bandung. Dengan demikian mampu membantu peningkatan pendapatn keluarga,” kata Hj Siti.

Walaupun Kota Bandung memiliki prestasi dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK, jelas Hj Siti, namun mereka masih itu tidak cukup dan harus belajar dengan TP PKK Kota Medan sehingga bisa lebih baik lagi, terutama dalam upaya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan keluarga. “Jadi kami sangat berharap sekali masukannya,” harapnya.

Menanggapi itu  Ketua TP PKK Kota Medan  Hj  Rita Maharani SH mengungkapkan, rasa senang dan bangganya atas kunjungan rombongan TP PKK Kota Bandung. Selain meningkatkan tali silaturahmi, mereka menjadikan TP PKK Kota Medan sebagai tempat studi banding terkait pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

“Tentunya kami sangat senang sekali dikunjungi dan memberikan sumbang saran dan informasi terkait pelaksanaan 10 Program Pokok PKK yang telah kami jalankan di Kota Medan selama ini. Semoga masukan dan informasi yang kami berikan dapat memberikan manfaat, terutama dalam upaya peningkatan kualitas dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Hj Rita Maharani.

Selanjutnya Hj Rita Maharani menjelaskan, TP PKK Kota Medan selama ini telah melaksanakan 10 Program Pokok PKK, termasuk melaksanakan berbagai pembinaan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat seperti pembinaan UKM melalui Program UP2K.

Dikatakan Hj Rita Maharani, TP PKK Kota Medan saat ini berfokus terhadap UKM , salah satu UKM yang kini menjadi kebanggaan Kota Medan adalah pengembangan kerajinan membatik. “Alhamdulillah, berkat pengembangan yang kita lakukan, Batik Medan yang merupakan hasil kerajinan tangan para pengerajin sudah terkenal. Tentunya ini akan berdampak  dengan kesejahteraan keluarga para pengerajin batik tersebut,” paparnya.

Kemudian melalui kunjungan yang dilakukan ini, Hj Rita Maharani berharap agar TP PKK Kota Medan dan TP PKK Kota Bandung dapat bekerja sama dalam mengembangkan UKM di daerah masing – masing melalui program UP2K yang merupakan salah satu 10 Program Pokok PKK sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para pelaku UKM.

Tidak hanya memberikan masukan dan informasi terkait pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di Kota Medan, Hj Rita Maharani selanjutnya memperlihatkan hasil – hasil kerajinan tangan para pelaku UKM yang telah dibina TP PKK Kota Medan kepada TP PKK Kota Bandung.  Setelah itu kunjungan dipungkasi dnegan  penyerahan cinderamata  berupa Batik Medan kepada Wakil Ketua TP PKK Kota Bandung tersebut. (ft)